top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Habit Minimalis Untuk Menghilangkan Impulsive Buying

Updated: Dec 3, 2021

Ketika mendapatkan gaji di akhir bulan, berapa persen pendapatan Stellars yang disisihkan untuk kebutuhan? Apakah semua barang yang Stellars beli benar-benar kebutuhan? Atau sebenarnya Stellar membeli barang tersebut hanya karena menginginkannya?


Seringkali kita membeli suatu barang dengan berakhir merasa menyesal karena kita tidak benar-benar membutuhkannya. Hal ini terjadi karena Stellars melakukan impulsive buying. Impulsive buying secara terus menerus bisa berubah menjadi suatu habit. Bayangkan bahayanya bila Stellars tidak mengubah habit tersebut, bisa jadi kerja keras Stellars selama bekerja tidak akan menghasilkan apa-apa.


Untuk menghilangkan perilaku impulsive buying, simaklah 5 habit minimalis yang bisa membantu Stellars mengubah habit impulsive buying supaya tidak boros lagi. Catat tips dibawah ini ya!




  1. Determines Your Needs

Pahami dengan betul apa yang sebenarnya menjadi kebutuhanmu dan apa yang sebenarnya menjadi keinginanmu. Caranya, pastikan apakah kamu bisa tetap menjalankan kegiatan sehari-hari tanpa barang tersebut? Bila jawabannya bisa, berarti barang tersebut bukanlah sebuah kebutuhan yang penting, melainkan hanya keinginanmu saja.


Bisa jadi saat ini kamu ingin sekali menonton suatu film yang sudah kamu idam-idamkan dari lama, tapi bukan berarti kamu membutuhkan 3 months premium subscription untuk layanan streaming film tersebut bukan? Ingat, kamu hanya menghabiskan waktumu selama 2 jam untuk menonton film yang kamu inginkan tersebut. Sisanya, 3 months premium subscription tersebut tidak akan terpakai sepenuhnya karena kamu tidak memiliki banyak waktu luang untuk menonton banyak film sekaligus. Sayang sekali kan?

2. Sell What You Don’t Need

Mulailah melakukan decluttering pada lemari pakaianmu. Baju yang selama ini kamu miliki beberapa diantaranya tidak pernah lagi kamu pakai. Sepeda yang kamu gunakan tahun lalu, ternyata berakhir memenuhi garasi rumahmu. Kamu bisa menyortir barang-barang yang tidak terpakai tersebut dan menjualnya ke website penjualan barang-barang bekas. Barang-barang yang tidak terpakai di kamarmu, bisa jadi masih memiliki nilai guna bagi orang lain. Selain membantu menambah space di kamarmu, menjual barang-barang tidak terpakai juga bisa menghasilkan pendapatan tambahan untukmu.

3. Do a Research Before You Buy Things

The more informed and organized you are, the more less likely you’re able to make impulsive purchase. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli sesuatu, pastikan kamu mendapatkan banyak informasi mengenai barang yang akan kamu beli tersebut. Mulai dari benefit yang didapat, marketplace yang menawarkan harga lebih murah, produk serupa yang memiliki benefit sama, hingga kemungkinan adanya diskon untuk barang tersebut.

Kamu bisa menggunakan pertanyaan ini untuk mengetahui apakah barang yang kamu beli memang benar-benar worth it dan kamu butuhkan:


1. Is it worth the cost?

2. What will be the cost per-use?

3. Will I get enough value from it?

4. Is it something I want to take care of?

5. Is it worth taking up the space in my home?

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Stellars bisa menyortir barang apa yang memang dibutuhkan, atau bahkan Stellar berakhir dengan keputusan mengurungkan niat membeli barang tersebut.

4. Shop Second Hand

Sebelum membeli barang yang belum pernah kamu coba sebelumnya, pastikan kamu bisa membeli barang tersebut dalam kondisi second. Apabila barang tersebut tidak bisa dibeli dalam kondisi second, carilah barang tersebut dengan kondisi baru dalam keadaan ½ harga. Terlebih bila barang tersebut hanya akan kamu pakai satu kali saja. Jangan menghabiskan uang ratusan ribu membeli baju pesta yang hanya akan kamu gunakan sekali untuk acara satu malam. Lebih baik kamu membeli baju tersebut dalam kondisi second, meminjam dari sanak keluarga, teman, ataupun menyewa.

5. Make a Meal Plan

Mungkin kamu tidak menghabiskan banyak uang untuk membeli gadget terbaru, tapi pernahkah kamu memperhatikan berapa banyak pengeluaran yang dihabiskan dalam satu minggu untuk membeli snack dan minuman? Berapa banyak uang yang kamu habiskan setiap kali kamu work from home di café favoritmu? Mulailah membuat weekly meal plan untuk mengurangi keinginan membeli makanan dari luar.

Dengan mengolah sendiri makananmu, tentunya expense untuk kebutuhan makanan sehari-hari akan lebih kecil dibandingkan kamu membeli makanan dari luar. Biasakan untuk membuat 2-3 jenis makan dalam satu hari dan masukan ke lemari pendingin. Makanan tersebut nantinya bisa kamu hangatkan setelah pulang kerja, sehingga kamu tidak perlu membeli makan diluar.



Untuk mengganti habit impulsive buying, perlu diperlukan usaha secara terus menerus dan diimplementasikan setiap hari. Semakin sering Stellars melakukan 5 habit minimalis tersebut, semakin cepat pula Stellars mengganti habit impulsive buying yang selama ini Stellars miliki. Terapkan secara habit minimalis ini secara daily ya Stellars!


(GG)

Comments


bottom of page