top of page
  • Writer's picturestellarw

Ubah Jam Kerja Lebih Efektif Sesuai Tipe Jam Biologis Tubuh

Stellars! Gimana puasanya, masih semangat kan? Biarpun banyak deadline, puasa gak boleh sampe bolong nih..


Tapi, kita gak bisa bohong juga sih, rutinitas sahur ternyata mengganggu waktu tidur bagi beberapa orang. Alhasil banyak orang yang akhirnya merasa sulit untuk fokus saat bekerja di siang hari.


Nah, kabar baik nih.. Kita akan mengenalkan kamu dengan jadwal kerja efektif yang sesuai jam biologis tubuh. Pasti bakal kepake banget untuk Stellars yang sedang berpuasa di bulan ramadhan ini.


Simak di bawah yuk! Silakan scroll hihi


KENALAN DENGAN JAM BIOLOGIS TUBUH (CHRONOTYPE)

Pernah gak kamu merasa lebih gampang dapat ide ketika di malam hari? Atau mungkin semangat kerjamu sering hilang kalo sudah melewati jam makan siang?


Nah, ternyata itu semua diperngaruhi oleh jam biologis tubuh atau disebut juga dengan chronotype.


Sistem chronotype ini ditemukan oleh Dr. Michael Breus yang mana merupakan seorang psikologis klinis. Menurut Dr. Michael, sistem chronotype ini ada bermacam-macam lho.


Intinya, kalau kamu tahu tipe chronotype-mu, kamu bisa memahami mana waktu bekerja yang efektif buatmu dan juga waktu istirahat yang cocok untuk kamu.


4 TIPE JAM BIOLOGIS TUBUH

So.. ada 4 tipe jam biologis tubuh yang dikemukakan oleh Dr. Michael Breus. Ia melambangkannya dalam bentuk binatang. Ada tipe beruang, serigala, singa, dan lumba-lumba.


Kita bahas satu persatu yaa..


A. Tipe Beruang

Jam Kerja Efektif Chronotype Beruang
Sumber: sundaybedding.com

55% populasi manusia di bumi memiliki jam biologis tubuh bertipe beruang!


Cirinya adalah mereka gak merasa sulit untuk bangun di pagi hari dan tidur di malam hari.

Alias jadwal bangun dan tidurnya normal. Tidak terlalu pagi dan tidak terlalu larut.


Tapi, si tipe beruang ini seringkali sulit fokus ketika sudah melewati siang hari. Setelah lewat jam 2 siang, mereka sering gak mood buat kerja nih..

Sebaliknya, mereka justru semangat banget untuk kerja pada saat berada di kisaran jam 10-12 siang.


Nah bagi kamu yang memiliki ciri tersebut, kamu bisa mencoba rutinitas tipe beruang ini:


07.00 - 07.30 : Bangun tidur

08.00 - 08.30 : Sarapan dan Bersiap

09.00 - 09.30. : Rencanakan pekerjaan dan kegiatan seharian

10.00 - 14.00 : Kerjakan pekerjaan berat

14.30 - 16.00 : Kerjakan pekerjaan ringan

16.30 - 18.30 : Waktu Santai + Olahraga

19.00 - 21.30 : Waktu Santai + Makan Malam

22.00 - 07.00 : Tidur


B. Tipe Serigala

Jam Kerja Efektif Chronotype Serigala
Sumber: sundaybedding.com

15% populasi manusia di bumi memiliki jam biologis tubuh bertipe serigala!


Si tipe serigala ternyata memiliki ciri lebih aktif di malam hari, sama persis seperti serigala beneran di dunia nyata nih..


Umumnya, tipe serigala tahan banting kalo disuruh kerja begadang di malam hari, karena justru mereka lancar mendapatkan ide dan kreativitas ketika di malam hari.


Tapi, sayangnya tipe serigala ini sering kesulitan untuk bangun di pagi hari. Alias penggemar bangun siang nih hehe..


Meskipun susah bangun pagi, tipe serigala tetap produktif kok. Mereka punya fokus yang tinggi di kisaran waktu sore hari menuju malam. Makanya pas banget bagi tipe serigala untuk bekerja di sore hari.


Kalau kamu punya ciri-ciri di atas, coba terapkan rutinitas si tipe serigala berikut ini:


07.00 - 08.30 : Bangun tidur

09.00 - 10.00 : Sarapan dan Bersiap

10.30 - 11.00. : Rencanakan pekerjaan dan kegiatan seharian

11.30 - 14.00 : Kerjakan pekerjaan berat

14.30 - 15.30 : Kerjakan pekerjaan ringan

16.00 - 18.00 : Kembali kerjakan pekerjaan berat

18.00 - 19.30 : Waktu Santai + Olahraga

20.00 - 23.00 : Makan Malam + Waktu Santai

23.30 - 08.30 : Tidur


C. Tipe Singa

Jam Kerja Efektif Chronotype Singa
Sumber: sundaybedding.com

15% populasi manusia di bumi memiliki jam biologis tubuh bertipe singa!


Si tipe singa adalah manusia yang paling semangat bangun pagi! Mereka gak kesulitan bila diminta untuk bangun pagi.


Tapi, tipe singa butuh waktu istirahat di siang hari untuk mengisi kembali energi mereka, alias butuh tidur siang nih..


Nah, karena mereka butuh tidur siang, tipe singa senang membereskan pekerjaan mereka sejak pagi hari. Sedangkan di sore hari, mereka masuk ke mode santai karena fokusnya sudah mulai menghilang.


Kalau ciri-ciri di atas kamu banget, coba terapkan rutinitas si tipe singa berikut ini:


05.00 - 05.30 : Bangun tidur

06.00 - 07.00 : Sarapan dan Bersiap

07.30 - 08.00. : Rencanakan pekerjaan dan kegiatan seharian

08.30 - 12.00 : Kerjakan pekerjaan berat

12.30 - 13.00 : Istirahat tidur siang

13.30 - 16.30 : Kerjakan pekerjaan ringan

17.00 - 19.00 : Waktu Santai + Olahraga

19.30 - 21.00 : Makan Malam + Waktu Santai

21.30 - 05.00 : Tidur


D. Tipe Lumba-Lumba

Jam Kerja Efektif Chronotype Lumba-Lumba
Sumber: sundaybedding.com

10% populasi manusia di bumi memiliki jam biologis tubuh bertipe lumba-lumba!. Ini adalah tipe yang populasinya paling sedikit dibandingkan tipe-tipe lain.


Si tipe lumba-lumba adalah orang yang sering sulit tidur dan juga sulit terjaga di malam hari. Mereka gampang banget terbangun karena suara bising.


Nah, karena jam tidurnya yang sering terganggu, tipe lumba-lumba juga sering merasa kelelahan di siang hari.


Tapi jangan khawatir yaa mereka tetap bisa produktif kok. Asalkan diselingi dengan beberapa sesi istirahat.


Kalau ciri-ciri di atas kamu banget, coba terapkan rutinitas si tipe lumba-lumba berikut ini:


06.00 - 06.30 : Bangun tidur

07.00 - 07.30 : Sarapan dan Bersiap

08.30 - 09.30. : Rencanakan pekerjaan sambil bersantai pagi

10.00 - 12.00 : Kerjakan pekerjaan berat

12.30 - 13.30 : Waktu Santai bila merasa lelah

14.00 - 15.00 : Kembali kerjakan pekerjaan berat

15.30 - 17.30 : Kerjakan pekerjaan ringan

18.00 - 22.00 : Olahraga, Makan Malam + Waktu Santai

22.30 - 06.00 : Tidur


NOTES FOR STELLARS!

Nah itu dia Stellar 4 tipe jam biologis tubuh. Kamu bisa terapkan jadwal ini secara berkala. Jangan dulu dipaksakan kalau belum terbiasa, terutama pada saat berpuasa.


Yang paling penting kamu berniat untuk mencoba dan konsisten sehingga semakin lama akan menjadi habit baru untuk kamu! (GG)


BACA JUGA:


MUST WATCH VIDEO!

Stellar Power Accelerator Week 8: Work Culture & Leadership | Listen #MTFPodcast on Spotify

 

Ingin lihat konten lain dari Stellar Women yang gak kalah menarik?

KLIK TOMBOL DI BAWAH INI YAA!


Tentang Stellar Women:


Stellar Women adalah komunitas perempuan yang mendukung para wanita agar menjadi perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan dalam bidang bisnis dan skill professional. Kami menyediakan kelas online, webinar, mentorship, kelas bisnis, dan juga forum.


Kini, Stellar Women telah menjadi komunitas bisnis khusus wanita yang menjadi tempat bagi mereka untuk berdiskusi, berbagi informasi, dan berjejaring dengan 10.000+ perempuan lainnya di seluruh Indonesia. Gabung sekarang bersama kami!


149 views0 comments

Comments


bottom of page