Tips Merintis Side Hustle Meski Bekerja Full-Time

Bekerja penuh waktu membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga kita mungkin hampir nggak punya waktu untuk melakukan hobi yang kita sukai. Punya side hustle bisa jadi solusi yang tepat untukmu! Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai sekaligus menghasilkan pemasukan tambahan. Tips dibawah ini bisa kamu gunakan untuk menjalani pekerjaan sampingan tanpa mengganggu pekerjaan tetapmu.

Have a set of a clear plan

Salah satu kendala terbesar adalah waktu yang terbatas diluar jam kerja kita. Meski punya waktu terbatas termasuk diakhir pekan, kamu harus punya rencana kedepan. Dengan merencanakan segala sesuatunya, kamu bisa mengatur prioritas dan berkonsentrasi mewujudkannya. Kamu bisa juga mengatur beberapa goals jangka pendek, misalkan “mencapai sekian ribu followers di Instagram”.


Find out how to monetize

Internet memudahkan kita untuk mendapat penghasilan tambahan. Internet menyediakan banyak platform yang bisa kamu manfaatkan untuk side-hustling, misalnya blog. Dengan menjadi bloggers, blogmu bisa diisi dengan konten yang kamu minati dan mengiklankan produk dari berbagai brand. Banyak brand produk yang bersedia membayar untuk diiklankan, bergantung dari berapa followers yang kamu punya dan seberapa besar engagement yang kamu terima. So, building a strong followers is a top priority!


Employ the 80/20 rule

Dalam berbisnis, 80% hasil didapat dari 20% aktivitas. Dengan kata lain, ada sejumlah kecil aktivitas utama yang menghasilkan manfaat terbesar bagi side-hustlingmu. Dengan waktu terbatas yang kamu miliki, kamu bisa fokus pada aktivitas ini. Sebagai contoh, hasil dari media sosial paling signifikan bagi seorang blogger. Oleh karena itu blogger perlu mengalokasikan cukup waktu untuk merencanakan dan membuat konten untuk media sosial dan terlibat dengan komunitas.


Take advantage of technology

Memanfaatkan teknologi sangat efektif untuk menghemat waktu dan tenaga. Kamu bisa menyiapkan perlengkapan yang bagus dan mendukung side-hustle yang kamu lakukan. Misal dalam fotografi, kamu bisa menyediakan peralatan fotografi yang dapat foto sempurna setiap saat, komputer untuk menyimpan dan mengedit gambar, penyimpanan cloud, serta internet anti lemot.



Import skills from your day job

Banyak banget keuntungan unik dari pekerjaan sampingan, salah satunya keterampilan dan sumber daya yang bisa kamu impor dari pekerjaan harianmu. Sebagai contoh, misal kamu berprofesi sebagai pengacara, kamu punya kemampuan yang baik untuk menavigasi hukum industri kreatif. Nah, kamu bisa menggunakan keterampilan dan pengalaman profesional untuk pekerjaan sampinganmu, seperti berkomunikasi secara profesional dan persuasif


Be organized

Walau ini pekerjaan sampingan, tapi kamu perlu memiliki sistem alur kerja yang baik seperti dalam bisnis independen. Misalkan kamu ingin membuat website fashion, kamu harus mempersiapkan dari membayangkan konsep, gaya, pemotretan, pemrosesan editing, hingga penerbitan diberbagai platform. Kamu perlu membuat alur kerja untuk mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya dan berapa lama.


Ladies, semoga tips-tips diatas bisa berguna untuk merealisasikan side hustle versi kamu, ya! Who know kalau suatu hari nanti kita bisa mencari nafkah dari hal-hal yang kita sukai.

Recent Posts

See All