top of page
  • Writer's picturestellarw

Stellar Women x POND's: 5 Amazing Things that Happen in Your 30s

Ketika kamu menginjak usia 30 tahun, banyak hal yang tentunya akan berubah. Perubahan ini tidak selamanya selalu negatif ya, tetapi menurut sains, justru kita akan lebih banyak mendapatkan hal-hal positif di dalam hidup. Jadi, jangan sedih ya, Stellars! Karena umur 30 adalah umur paling prime time untuk kamu! Lantas, kita harus ngapain sih ketika kita berumur 30 tahun supaya hidup bisa maksimal dan bahagia? Yuk kita simak 5 hal-hal luar biasa ini yang akan terjadi ketika kamu berusia 30 tahun!


1. This is your peak time to be a genius!

(Source: unsplash.com)

Orang-orang bilang umur 20 adalah masa dimana kamu akan memiliki semua kepintaran kamu, tetapi sebenarnya masa 20-an ini kita hanyalah menjadi lebih reaktif dan spoken saja. Jika dibandingkan dengan kamu yang berusia 20 tahun dengan yang berusia 30 tahun, tidak akan sama, karena ketika kamu menginjak usia 30 tahun, kamu akan bertemu dengan banyak sekali kesibukan dan masalah yang akan membuat kekuatan & pertahanan secara intelektual kamu terlatih. Usia 30-an merupakan masa dimana kamu akan ada di puncak dari intelektual kamu, kamu akan dapat menguasai problem solving, abstract thinking, strategi, dan keinginan kuat! Semuanya akan datang dengan sendirinya, bisa dibilang ini adalah super power yang akan muncul kepada sistem otak manusia.


2. It is the golden time of your successful career & hustles!

(Source: unsplash.com)

Bukan hanya soal peningkatan intelektual saja, tetapi menurut riset yang telah dilakukan oleh America’s National Bureau of Economic Research, di umur yang menginjak kepala 3 ini adalah masa dimana merupakan maa keemasan kamu dalam karir maupun bisnis yang sedang kamu jalankan. Masa ini adalah masa dimana kamu akan mendapatkan promosi dalam perusahaan, kesuksesan dalam membangun startup setelah bertahun-tahun membangunnya, dan tentunya masa ini adalah masa dimana kamu akan menghasilkan pendapatan lebih banyak lagi dibanding sebelumnya. Tentu hal ini tidak akan terjadi tanpa bekal pelajaran dan skills yang telah kamu dapatkan selama 30 tahun hidupmu, jadi jangan menyerah ya, Stellars!


3. You develop friends for life!

Menurut sebuah studi jurnal yang dibuat pada tahun 2015, Psychology and Aging, kita akan secara otomatis mengurangi circle pertemanan kita ketika kita telah berusia 30 tahun ke atas. Tetapi pertemenan yang dibangun ini tentunya lebih kokoh dan memiliki kualitas yang jaug lebih tinggi dibanding pertemanan yang kamu jalin di usia yang lebih muda. Lingkaran pertemanan ini berubah dari kuantitatif menjadi kualitatif karena masa ini adalah masa dimana kamu lebih mengerti lebih dalam tentang dirimu sendiri. Jadi pertemanan di usia 30 tahun ini tidak berarti untuk mencari identitas dengan mencoba berbagai versi dirimu sendiri, tetapi masa ini merupakan masa kamu untuk menggapai cita-cita sosial berkepanjangan terkait koneksi dan arti dari pertemanan itu sendiri.


4. Satisfying holidays & prime time to take an adult gap year!

(Source: unsplash.com)

Menginjak umur 30 tahun ke atas merupakan masa-masa emas kamu untuk lebih menikmati liburan dan travelling, karena ddi usia ini kamu jadi lebih mengerti tentang menghargai arti dari pengalaman hidup. Usia 30 tahun ini tidak lagi menjadi masa “party time”, didukung dengan kondisi finansial yang jaug lebih matang dibanding sebelumnya, masa ini merupakan masa yang tepat untuk kamu mulai mengabulkan bucket list kamu! Mulai dari relaksasi di hotel bintang 5, liburan ke pulau-pulau terindah di dunia, atau bahkan melakukan aktivitas yang dari dulu ingin kamu lakukan sebelumnya! Sekarang saatnya!


5. You’ll be happier than ever before!

Dan pada akhirnya, di umur yang menginjak kepala 3 ini, kamu akan menjadi seseorang yang lebih bahagia, berkat semua hal yang telah kamu miliki sekarang, kekuatan kamu dalam berolahraga yang lebih tahan lama, Masa ini merupakan “peak of happiness” karena masa ini adalah masa untuk “living in the moment” dan masa dimana stress berkurang, kita jadi lebih optimis dan tidak begitu memikirkan tentang hal selain diri sendiri. Seperti yang dikatakan seorang psikologis, Donna Dawson, “By this age innocence has been lost, but our sense of reality is mixed with a strong sense of hope, a ‘can do’ spirit, and a healthy belief in our own talents and abilities.” Bersama-sama, kita bisa menjadikan masa ini menjadi masa emas kita dengan menemukan arti dari keindahan hidup dan melakukannya! Yuk bersama-sama kita lakukan bareng Stellars lainnya!



17 views0 comments
bottom of page