top of page
  • Writer's picturestellarw

Sering Nunda Pekerjaan? Terapkan Brain Trick ini untuk Atasi Work Anxiety!

Updated: Dec 24, 2021

Saat memiliki banyak pekerjaan, apakah kamu tipe orang yang akan menyicil pekerjaan tersebut atau menunggu waktu mendekati deadline? Kalo kamu tipe yang kedua, artikel ini sangat cocok untukmu!


Mari berkenalan dengan work anxiety. Work anxiety atau kecemasan kerja adalah keadaan stress yang disebabkan oleh beban pekerjaan. Dalam keadaan ini, beberapa orang memilih untuk menunda-nunda pekerjaannya atau disebut juga dengan procrastinating.




KENAPA KITA MENUNDA PEKERJAAN?


Procrastinating adalah salah satu gejala dari work anxiety. Alasan di balik kebiasaan menunda pekerjaan ialah dikarenakan kamu menghindari rasa stress dan perasaan lelah yang disebabkan oleh beban kerja tersebut.


Timbulnya stress dan perasaan lelah saat bekerja sebenarnya adalah hal yang wajar. Namun bila kamu merasakan stress dan perasaan lelah bahkan sebelum memulai pekerjaan tersebut, itu tandanya ada yang tidak beres.


Hal ini bisa menjadi masalah serius dan membentuk cycle yang tidak berkesudahan. Untuk itu kamu harus mengatasinya agar tidak terjebak dalam work anxiety yang terus menerus menyebabkanmu menunda-nunda pekerjaan.


Karena semakin banyak pekerjaan yang tertunda, semakin tinggi pula tingkat stressmu yang berakibat pada keinginan untuk menunda pekerjaan selanjutnya.


BAGAIMANA CARA MENGATASI PROCRASTINATION?


Kabar baiknya, procrastinating atau kebiasaan menunda-nunda pekerjaan bisa diatasi dengan satu cara paling manjur, yaitu kerjakan pekerjaanmu sesegera mungkin.


Yap, caranya terdengar sederhana bukan? Tapi ada alasan ilmiah di balik itu loh. Jawabannya adalah hormon dopamine. Kita jelaskan lebih lengkap di bawah.


PEKERJAAN YANG BERES AKAN MEN-TRIGGER PEKERJAAN LAIN CEPAT SELESAI


Ini adalah brain trick sederhana yang bisa membantumu keluar dari cycle menunda-nunda pekerjaan. Setiap kali kita berhasil mengerjakan sesuatu, otak kita akan memproduksi hormon dopamine yang memberikan rasa bahagia dan puas.


Semakin banyak pekerjaan yang bisa kamu selesaikan lebih awal, maka akan semakin banyak pula produksi hormon dopamine yang dihasilkan.


Tingginya level hormon dopamine dalam otakmu ini akan berpengaruh baik untuk menghilangkan work anxiety. Tentu saja masalah kebiasaanmu menunda-nunda pekerjaan juga akan hilang seiring dengan itu.



TINGKATKAN HORMON DOPAMINE

Kabar baiknya, kamu juga bisa meningkatkan protduksi hormon dopamine lewat hal lain. Buatlah variasi kegiatan ketika mengerjakan pekerjaanmu supaya semakin banyak hormon dopamine yang diproduksi.


Kamu bisa membagi pekerjaanmu dalam skala-skala kecil agar semakin banyak milestone yang tercapai. Sisipkan juga reward lain setiap kali kamu selesai mengerjakan sesuatu. Seperti membeli camilan yang kamu sukai atau menonton series yang kamu tunggu-tunggu.


NOTES FOR STELLARS!


Ketika akan mengerjakan suatu pekerjaan, jangan dulu terpaku dengan kekhawatiran hasil pekerjaanmu akan buruk atau tidak sesuai ekspektasi. Semakin sering kamu memikirkan hal tersebut, maka akan semakin rumit pula caramu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Padahal bisa jadi pekerjaan tersebut sangatlah sederhana.


(GG)

Comments


bottom of page