Time Blocking: Trik Produktif Menjelang Libur Akhir Tahun


Pekerjaan dan permintaan yang menumpuk menjelang akhir tahun kadang bikin kita kelimpungan. Suasana menjelang liburan dan rencana quality time bareng keluarga juga mulai kita siapkan. Ladies, yuk kita pelajari trik time blocking. Belakangan ini mulai tren aplikasi seperti Plan, WeekPlan, dan time-blocking template untuk meningkatkan produktivitas dengan time blocking. Dengan time blocking, kamu akan terbantu untuk fokus pada list prioritasmu dan menyelesaikannya dengan efektif. Kamu bisa menyelesaikan tugas skala besar maupun kecil tanpa bertanya-tanya “sisa berapa jam lagi ya sampai ini kelar?”


Time blocking adalah konsep sederhana untuk manajemen waktu tapi punya manfaat yang banyak banget.

  1. Menentukan tugas yang mendesak dan penting (and helps you keep a balance of both!)

  2. Berhenti menunda-nunda pekerjaan

  3. Memotivasi kamu untuk melakukan sesuatu sesuai dengan prioritasmu

  4. Mendorongmu menghitung waktu secara realistis

  5. Menyelesaikan tugasmu yang menggunung!


Setelah tau apa itu time blocking dan benefitnya yang super banyak, yuk cari tau gimana menerapkan strategi time blocking di keseharian dan pekerjaan kita.


1. Identify the roles you play in life

Kamu berkuasa untuk memilih peran terpenting dalam semua aspek kehidupanmu. Di sinilah letak prioritas. Coba time block waktu istirahat dan waktu senggangmu. Tempatkan kebutuhan esensial terlebih dahulu kemudian kerjakan kewajiban profesionalmu.


2. Break down your daily workload

Identifikasi apa prioritas terbesar, tugas harian, dan buat daftar aktivitas non-kerjamu. Buat kategori sesuai dengan seberapa penting dan mendesak tugas tersebut.


3. Set up your schedule and do the things that you’ve scheduled

Tetapkan tugas yang akan kamu selesaikan dengan blok waktu tertentu. Setelah tugas-tugas itu selesai, maka pekerjaanmu hari itu selesai. Ini bisa jadi lebih efisien daripada mengikuti to-do-list yang harus kamu selesaikan sebelum penghujung hari. Kamu punya time blocks yang spesifik untuk menyelesaikan tugas satu per satu.



4. Schedule your complicated or hardest tasks for when your energy is at its peak

Apa kamu night person atau mungkin lebih aktif saat daytime, pastikan kamu menyiapkan tugas tersulit untuk kamu selesaikan saat kamu paling produktif dan bersemangat. For most people, this could be in the morning before their work for the day starts to get overwhelming.


5. Revise as necessary

Rencanamu nggak akan berjalan 100% seperti yang kamu harapkan. At the end of the day, tinjau bagaimana rencanamu berjalan dengan time block-mu dan buat revisi pada jadwalmu seperlunya aja.


6. Use an online calendar to set your time-blocking schedule and then sync this with productivity apps


7. Block in restorative breaks within your daily schedule

Jadwalkan waktu kosong setiap hari untuk hal-hal nggak terduga. Waktu ini kamu gunakan untuk tugas yang melebihi batas waktu atau tugas nggak terduga yang harus segera diselesaikan.


Kalau kamu terbiasa membuat to-do-list setiap hari dan stres di malam hari karena ada tugas hari itu yang nggak selesai, kamu mungkin bisa mencoba trik time blocking untuk membantumu memaksimalkan waktu dan membuat jam kerjamu teratur. Kalau kamu baru mau mulai, kamu bisa gunakan time blocking seminggu sekali dengan bantuan templates, planners, kalender online, dan aplikasi. Tanpa terasa, liburan akan sampai di depan mata!

27 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW