top of page
  • Writer's picturestellarw

15 Ide Bisnis untuk Tambah Penghasilan, Tidak Perlu Modal Besar!



Ketika hendak membuka sebuah bisnis, kebanyakan orang ragu karena  tidak memiliki modal atau waktu yang cukup.


Tapi, tenang saja, Stellars! Ada banyak ide bisnis sederhana yang dapat dijalankan tanpa memerlukan modal besar dan waktu yang banyak.


Penasaran? Yuk lihat beberapa macam ide bisnis kecil yang bisa kamu coba jalankan! Siapa tahu dari sini kamu bisa menambahkan pemasukan!


1. Jual Barang Preloved

Kamu bisa memulai usaha preloved tanpa modal, lho! Cukup menjual barang-barang bekas pakai yang sekiranya masih memiliki nilai jual di media sosial.


Selain memberikan keuntungan, usaha preloved juga membantu merapikan barang yang sudah tidak digunakan. Namun, sudah cukup banyak orang yang menjual preloved. Jadi, jangan lupa berikan harga yang wajar ya.


2. Bisnis Dropship

Dropshipper adalah orang yang mempromosikan produk milik penjual. Ketika ada pelanggan yang mau membeli, kamu tinggal meneruskan pesanan kepada penjual dan mereka yang akan mengurus pesanan tersebut.


Menjadi dropshipper merupakan salah satu solusi bagi kamu yang ingin memulai bisnis dari rumah dengan risiko yang minim.


3. Affiliate Online Shop

Online shop belakangan ini memang sedang digemari masyarakat. Ini saat yang tepat untuk memanfaatkan momen dan mendaftarkan diri menjadi seorang affiliate.


Affiliate marketing adalah salah satu program efektif untuk mendapatkan penghasilan besar melalui internet dengan waktu yang singkat dan tidak perli modal sama sekali. Komisi yang didapatkan bervariasi, tergantung dari produk/barang/jasa yang dijual.





4. Penerjemah

Kamu menguasai bahasa asing? Manfaatkan keahlian tersebut dengan menawarkan jasa penerjemahan.


Dengan modal laptop dan koneksi internet, bisnis ini memberikan hasil yang cukup! Contohnya, kamu memberi tarif penerjemahan sebesar Rp50/kata. Jiak dalam satu halaman ada 500 kata, maka kamu sudah berhasil mendapatkan 25 ribu. Menarik banget, ya?


5. Jasa Titip Beli

Jasa titip beli sedang naik daun belakangan ini. Seorang jastiper hanya perlu membelikan barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan ke mereka dengan tambahan ongkos kirim dan ongkos jastip.


Bagi yang tinggal di luar negeri, kamu juga bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka jastip, lho! Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah.


6. Freelance Writer atau Blogger

Buat kamu yang hobi menulis, menjadi seorang blogger atau freelance writer merupakan kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Dengan modal laptop dan koneksi internet, kamu sudah bisa mendapatkan uang!


Mulai dengan memilih tema yang sesuai dengan passion. Jika kontenmu berkualitas dan menarik, pelan tapi pasti, pembaca akan berkunjung dan klien dapat tertarik untuk bekerja denganmu.





7. Jasa Kecantikan Home-Service 

Jasa kecantikan seperti perawatan bulu mata dan kuku, menjadi salah satu ide bisnis yang sedang booming. Saat ini sudah tersedia banyak kelas/kursus privat yang mempersiapkannu membuka jasa kecantikanmu sendiri. Jika sudah belajar, kamu bisa menawarkan jasa ke rumah ke orang-orang terdekatmu. 


8. Menjadi Tutor

Kamu jago matematika, kesenian tertentu, atau bahasa asing? Jadikan saja kelas bimbel. Kamu bisa mempromosikan layanan bimbel melalui grup Facebook dan di sekolah terdekat. 


9. Asisten Pribadi

Menjadi asisten pribadi hanya membutuhkan modal yang kecil untuk memulainya. Kamu juga dapat kesempatan untuk belajar banyak hal. Biasanya pemilik bisnis atau figur ternama membutuhkan asisten pribadi. Jika kamu merasa cocok untuk belerja sebagai asisten pribadi, mulailah berkenalan dengan orang-orangmelalui LinkedIn dan promosikan layanan kamu kepada mereka.


10. Jualan Kue 

Apakah kamu sering diminta untuk membuat kue atau dessert untuk orang terdekat? Jika ya, cobalah untuk menjual hasil kreasimu ke orang terdekat. Kamu bisa mulai dengan menerima pesanan kue ulang tahun atau perataan tertentu. Bisa juga membuat kue untuk dititipkan ke cafe/coffee shop dekat rumahmu. 


11. Buat Produk Digital atau Kursus Online

Produk digital seperti musik, course, podcast, dan template merupakan ide bisnis dengan modal sedikit. Berbeda dengan produk fisik, produk digital tidak memerlukan biaya produksi atau pengiriman yang berulang, sehingga margin keuntungan bisa tetap tinggi. 



12. Voice Over Talent

Jika kamu memiliki suara yang khas dan berkarakter, kesempatan menjadi voice over talent mungkin cocok untuk kamu. Voice over banyak diperlukan dalam pembuatan iklan atau video. Saat ini juga tersedia banyak kelas untuk membantu kamu memulai karir sebagai voice over talent, lho.  


13. Jual Poster Print-on-Demand

Menjual poster print-on-demand berarti kamu hanya perlu mencetak poster jika ada orderan. Apalagi jika kamu dapat menggambar poster sendiri, bisnis ini jadi lebih menjanjikan. Untuk memasarkannya, gunakan template digital dan generator mockup seperti Placeit untuk memamerkan produk tanpa harus mencetak setiap item satu per satu.


 
 

14. Jual Hasil Foto

Untuk kamu yang punya passion di bidang fotografi, kamu dapat mengubah hobi menjadi dua ide bisnis. Kedua, menjual hasil foto ke platform online seperti stockphotos & shutterstock, untuk mendapatkan royalti dari foto-fotomu.


15. Jasa Katering 

Kamu punya passion di bidang kuliner? Jika ya, jasa katering bisa menjadi ide bisnis yang cocok. Kamu bisa menawarkan jasamu ke berbagai jenis acara, seperti arisan, pernikahan, atau acara keluarga. Untuk memulainya, buatlah daftar menu beserta  harganya. Kemudian sebarkan informasi tentang jasamu ke lingkungan terdekat.


Nah, ide bisnis modal kecil mana nih yang ingin kamu coba?

Apapun bisnis yang akan kamu jalani, kamu akan membutuhkan support system untuk berbagi pengalaman dan pelajaran. Bangun support systemmu sebagai pengusaha perempuan di Stellar Women!


MUST WATCH VIDEO

CARA CARI TEMAN DI UMUR 30AN | Stellar Women #MTFPodcast

23 views0 comments

Comments


bottom of page