Media Sosial Anti-Mainstream Untuk Membangun Personal Brand



Social media is the present and the future. Kalau kamu masih merasa kurang maksimal menggunakan media sosial untuk personal branding, kamu ada di tempat yang tepat, ladies! Cara utama supaya personal branding-mu terekspos adalah melalui perencanaan media sosial yang kuat, konsisten, dan kreatif. Stellar Women merangkum beberapa media sosial yang bisa kamu manfaatkan untuk membangun personal brand, plus gimana caranya mendapatkan dan menarik perhatian banyak followers.


1. Pinterest

Pinterest Business Account menjadi platform yang populer untuk membangun personal branding lewat estetika visual. Kamu tinggal mengunggah foto yang menarik dan menautkan link di foto itu sehingga orang bisa terarah ke laman yang kamu mau. Mulailah dengan board-mu sendiri. Judul board dan deskripsinya harus menggambarkan isi dan easy to find! Membuat board adalah cara yang tepat untuk menunjukkan kreativitas dan menarik pengguna Pinterest untuk menilik konten yang kamu sajikan! Kamu bisa gunakan gambar yang minimalis, sedikit pilihan warna, font yang sederhana, dan visual element lain. Bergabunglah dengan group boards untuk memperluas audiensmu. Jangan lupa gunakan deskripsi yang menarik pembaca mengunjungi laman brand-mu!




2. YouTube

YouTube jadi salah satu platform paling menarik dan menantang untuk membangun audiens. Kalau kamu ingin mengembangkan branding yang berorientasi pada video, YouTube jadi solusi yang tepat untukmu. Kalau brand-mu nggak terlalu mengutamakan visual, kamu juga bisa membuat video yang informatif atau kolaborasi dengan brand atau orang lain. Manfaatkan kolom deskripsi videomu untuk menjangkau potential subscribers. Kolom deskripsi harus bisa menjawab pertanyaan; “why should people watching this video?”, “who is it for?”, dan “what do you cover?”. Kalau kamu merekomendasikan atau membahas suatu produk atau layanan, pastikan kamu melampirkan link di kolom deskripsi ya, ladies! Video is the future of marketing, so we should start getting familiar with it!


3. LinkedIn

LinkedIn merupakan platform yang kegunaannya cukup unik dibanding media sosial lain. LinkedIn sering digunakan untuk para profesional atau pebisnis mencari koneksi atau networking. Karena fitur-fiturnya, LinkedIn sangat cocok digunakan untuk membangun personal brand. Kamu bisa melengkapi profil kamu dengan mengisi pengalaman bekerja, pengalaman edukasi, interest, skills, dan informasi lain yang menarik namun tetap profesional. Di platform ini kamu bisa menjangkau tidak hanya pekerja profesional lain tapi juga perusahaan atau badan usaha. untuk memperkenalkan diri atau bisnis kamu ke calon kolega maupun calon partner dengan tujuan beragam.


4. Medium

Medium merupakan online publishing platform yang didirikan oleh Co-Founder Twitter. Seperti Twitter, platform ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin mengekspresikan diri melalui tulisan, bedanya, Medium dapat menerbitkan tulisan lebih dari 280 karakter. Platform ini sangat tepat untuk kamu yang ingin membangun personal branding lewat tulisan. Di Medium, kamu memiliki kontrol penuh tentang apa yang orang lain ingin ketahui, jadi penting sekali untuk membuat tulisan yang baik dan berkualitas. Jangan lupa untuk membawa dampak positif kepada orang lain dengan tulisanmu ya!




5. TikTok

Ini dia, media sosial yang lagi hits banget di tahun ini. Walaupun platform ini sudah lama dibangun, TikTok kembali menjadi media sosial yang trendy untuk berbagai kalangan. Pada awalnya, TikTok digunakan sebagai hiburan dengan video-video pendek yang fun dan entertaining, tapi sekarang konten di media sosial ini merambah lebih luas lagi, contohnya seperti informasi dan tips tentang bisnis, kesehatan, atau apapun yang sedang tren. Konten di TikTok dapat mencapai banyak audiens dengan algoritma unik TikTok, karena itu kamu perlu membuat konten yang kreatif dan mencuri perhatian supaya dapat menjangkau lebih banyak orang untuk membangun personal branding.

26 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW