top of page
  • Writer's picturestellarw

Kiat Menjual Skills ala Adenia Harahap

Updated: Jan 31, 2022

Kamu pernah bermimpi untuk menjadikan keahlianmu sebagai sumber penghasilan? Atau ingin punya bisnis konsultan?


Beruntunglah kamu sampai di artikel ini! Bersama-sama kita akan menyimak perjalanan bisnis Adenia Harahap, Co-Founder CX Go Research dan Kuesio.com. Stellar Women mengenal Adenia karena beliau adalah salah satu peserta Stellar Women Power Accelerator 2021. Pada kesempatan ini, Adenia akan bercerita kepada kita mengenai perjalanan karirnya dan apa yang mendorongnya untuk memulai bisnis konsultan.

Adenia menjelaskan bahwa sebenarnya ia berasal dari keluarga yang hampir seluruhnya adalah pegawai. Jadi tidaklah heran ketika ia mendapatkan gelar sarjana psikologi, beliau langsung mencari pekerjaan 9 to 5. Di tahapan itu lah Adenia berkenalan dengan dunia market research hingga menemukan passion-nya di dunia tersebut.


“Belajar Psikologi membuat saya sangat tertarik dalam mengobservasi orang-orang dan perilaku konsumsinya, jadi saya merasa menemukan passion saya saat berkerja di market research agency. I worked in 3 different agencies throughout my 12 years of career, and earned my expertise in this field. I enjoyed market research life, I had a chance to get exposed to multinational clients, multiple industries, and different type of consumers, which are very exciting. So I thought I was going to end up like the rest of my family, getting old dedicating myself being an employee. “

Setelah melahirkan anak yang kedua, Adenia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan memulai karirnya sebagai freelance market researcher. Kebetulan Adenia juga menjalin relasi yang erat dengan beberapa klien yang ditanganinya selama bekerja. Hingga akhirnya beberapa project yang Adenia tangani menjadi terlalu besar untuk ditangani sendiri, Adenia mulai mempekerjakan tenaga freelance lain untuk membantunya. Saat itulah Adenia semakin yakin untuk memulai bisnis sendiri.


Keyakinan Adenia mungkin belum bisa terwujud jika suami Adenia tidak meyakinkan Adenia untuk mewujudkan bisnisnya.


“It was my husband who did the ‘kick’. Suami saya meyakinkan saya bahwa dengan membangun bisnis sendiri akan membuat kita semakin berkembang,and challenging ourself to our greatest fear will grow us even more.”


Pelajaran Emas dari Perjalanan Adenia

Selama mengembangkan CX Go Research, tentu banyak pelajaran yang telah dipetik Adenia. Adenia mencoba untuk selalu belajar bahkan dari pengalamannya melayani klien pertamanya.


Klien pertama kami adalah our former employer. ☺ We are forever grateful for their trust on us. Saat itu, kami mendapatkan instant gratification for the work we did, dan apresiasi yang mereka berikan membuat kami percaya diri dan semangat untuk memulai bisnis ini. Sampai saat ini, apresiasi dari klien semacam itulah yang membuat saya tetap semangat dan antusias menangani setiap project. We still did a celebration dance or high five every time we finished a successful project. Kami memutuskan untuk memperlakukan setiap klien kami sebagai klien yang special, dan dengan level perhatian yang sama, karena kami ingin mendapatkan kepuasan yang sama seperti saat menangani klien pertama kami tersebut”.


Meskipun begitu, bukanlah sebuah bisnis jika tidak menemui tantangan. Kepada Stellar Women Adenia bercerita mengenai kesalahannya yang sempat berdampak buruk bagi bisnisnya. Ia mengaku terlalu fokus pada kegiatan mendatangkan klien tanpa menyadari arus kas perusahaan yang sedang tidak seimbang. Terlebih dengan adanya piutang dengan tempo pembayaran yang cukup lama, membiayai overhead costs dan project yang sedang berjalan menjadi lebih sulit. Namun akhirnya dengan berbagai upaya yang dilakukan, Adenia berhasil menemukan jalan keluar tanpa mengurangi hak-hak pegawai dan vendor yang bersangkutan.

“Things I keep reminding myself: Analyze your capability, and minimize using your ego in making crucial decisions”, ujar Adenia ketika merefleksikan kembali pengalamannya.

Adenia juga membagikan pandangannya tentang memberikan layanan prima bagi klien, khususnya dengan banyak mendengarkan untuk bisa memberikan rekomendasi yang tepat sebagai konsultan.


Actually, we believe our clients knows more than we do as a consultant. The brand owner lives and breathe the brand, 24/7. Jadi sikap saya adalah menghindari sikap ‘sok tahu’, dan terus mengasah curiosity untuk menemukan hal-hal yang memang dibutuhkan oleh klien. Dalam kata lain, I need to listen more to be able to make better recommendations.

Terakhir, dari perjalanannya membangun CX GO Research, berikut adalah pelajaran berharga yang ingin Adenia bagikan kepada perempuan yang masih ragu untuk memanfaatkan keahliannya sebagai sumber penghasilan atau bisnis.



For Stellar Womens, my small piece of advice is to do your work wholeheartedly and do the best you can for your customers. The result will show itself, and it will fuel you to become bigger and more successful. The more hard work you put into your job, the less you will need to worry about what others think.


Adenia Harahap merupakan salah satu peserta Stellar Women Power Accelerator 2021, yaitu program tahunan untuk womenpreneur belajar strategi berbisnis.


Kamu tertarik untuk mengikuti Power Accelerator selanjutnya? Jangan sampai ketinggalan infonya di Instagram kami @stellarwomen.id


140 views0 comments

Comments


bottom of page