Ngobrol Bareng Gita Sjahrir, Olahraga hingga Self-Quarantine

Updated: Sep 30, 2020



Ngobrol Bareng Gita Sjahrir, Thriving Mind hingga Self-Quarantine



Beberapa waktu lalu, Stellar Women berbincang hangat dengan salah satu pebisnis sukses asal Indonesia. Gita Sjahrir adalah seorang founder sekaligus pelatih profesional dari RIDE Jakarta, sebuah indoor cycling studio yang menawarkan pengalaman berolahraga yang menyenangkan. Belum pernah, kan, mencoba sensasi indoor cycling ditemani dengan musik yang semangat dan lighting warna-warni?


Pada kesempatan ini, Gita Sjahrir menceritakan asal mula terjun sebagai entrepreneur, hidup selama self-quarantine, hingga buku yang sedang dibaca, ia juga memberikan sedikit pesan dan tips untuk para anak muda yang baru mau memulai bisnis atau karirnya. Di tahun 2009, Gita pernah mengikuti internship di Wall Street ketika sedang mengambil gelar Master jurusan Administrasi Bisnis. Melalui internship ini, Gita belajar bahwa semua pekerjaan pasti memiliki resikonya masing-masing, dan dari situ juga ia memutuskan untuk memasuki dunia entrepreneurship.


Sewaktu memulai entrepreneurship, posisi Gita berada di akhir global financial crisis. Mulai mencoba bisnis di berbagai bidang, sampai akhirnya pilihannya jatuh untuk membangun sebuah komunitas fitness. Ide awal dibangunnya R Fitness pun karena Gita ingin mencari sebuah komunitas fitness yang bisa merefleksikan dirinya. Tahun demi tahun berlalu, Gita merasa setelah 10 tahun menjadi entrepreneur, ada banyak pengalaman yang didapatkan. Gita mengaku bahwa bukan pribadi yang goal-oriented. Semua dilakukan untuk membangun perusahaan yang memiliki impact yang besar. “Terus terang, aku itu suka proses,” tambah Gita.


Pernah pada suatu saat, perusahaan yang pertama dibuat gagal hingga Gita kehabisan seluruh dananya. Namun, Gita merasa kegagalan bukan alasan untuk tidak bangkit kembali. Dari gagal, energi yang dimiliki harus bisa bangkit lebih banyak dan lebih baik.


Selama kurang lebih 45 hari berada di rumah, Gita cukup disiplin dalam melakukan akti vitas sehari-hari. Dimulai dari membuat schedule bersama suami, memakai outfit yang rapi tapi tetap nyaman walau hanya di rumah, sampai jadwal olahraga pun teratur. “Itu ngasih perasaan yang lebih stabil, walaupun ada di rumah,” tutur Gita.


Punya banyak waktu di rumah, tentunya Gita juga punya aktivitas membaca buku. Mulai dari buku-buku Pramoedya Ananta Toer, buku bergenre self-help, hingga mencari inspirasi lewat National Book Award. Di sela-sela


quarantine ini pun Gita menyempatkan diri untuk belajar Bahasa Asing yaitu Spanish dan German.


Di akhir bincang-bincang, Gita berpesan kepada para anak muda bahwa “just do it”. Banyak orang di luar sana yang selalu ingin mencoba untuk menjadi yang terbaik dan perfect dalam membangun bisnisnya. Namun, di keseharian, tidak jarang kita menemukan obstacles yang menghambat, sehingga timbul perasaan-perasaan yang lost. Setiap ada perasaan sedih, gundah, dan gagal, coba untuk resapi dan hadapi. Manusia harus bertemu konflik untuk bisa tumbuh. “Cari tahu diri kamu di mana, dan jangan pernah escape.” tambah Gita.


Kalau ada yang ingin mengenal Gita Sjahrir lebih jauh, tonton video bincang-bincang Stellar Women bersama Gita di sini. Jangan lupa, follow Instagram @stellarwomen.id untuk mendapat update tentang aktivitas seru lainnya.




41 views0 comments