top of page
  • StellarW

Belajar Skills Baru Di 4 Situs Kursus Online Ini, Yuk!

Updated: Oct 13, 2021


Di masa pandemi seperti sekarang kegiatanmu terasa monoton dan membosankan? Mungkin kamu butuh ide kegiatan baru yang menyenangkan sekaligus bermanfaat, nih! Daripada bingung mau menghabiskan waktu luang selama di rumah dengan cara apa, mending kamu belajar skills baru di situs kursus online! Yes, sekarang kamu nggak cuma bisa belajar hard skill dan soft skill di sekolah ataupun universitas, tapi juga bisa dengan mengikuti kelas online. Selain menghemat waktu, kursus online juga memungkinkan kamu belajar banyak hal tanpa peduli latar belakang pendidikan atau bidang pekerjaanmu. Berikut ini 4 rekomendasi kursus online pilihan Stellar yang bisa kamu coba. Simak list-nya di bawah ini, ya!


IndonesiaX

Mengusung konsep Massive Online Open Course (MOOC), IndonesiaX menjadi platform kursus online yang memungkinkan siapapun dengan akses internet untuk mendapatkan materi pembelajaran secara gratis. Kamu bisa memilih beragam pilihan topik kursus dan mendapatkan materi berupa video, di mana pada setiap videonya kamu akan diajarkan langsung oleh instruktur dari universitas dan perusahaan kenamaan di Indonesia.


Nggak sekadar bisa mengunduh materi video secara gratis, kamu pun bisa mengikuti tes di akhir kursus. Kalau hasil tesmu memenuhi syarat, kamu berkesempatan mendapatkan sertifikat yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk bisa mengikuti kursus di IndonesiaX, kamu cukup mengakses www.indonesiax.co.id dan mengisi kelengkapan data diri kamu.


Skill Academy by Ruangguru

Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan platform pendidikan online nomor 1 di Indonesia, Ruangguru. Yes, Ruangguru kini nggak hanya hadir bagi siswa SD, SMP, serta SMA/SMK, tapi juga bagi kamu yang ingin memperdalam technical maupun soft skill lewat Skill Academy. Di Skill Academy, kamu bisa mengunduh materi berbayar berupa video belajar dan online tutorial yang diajarkan oleh para pakar yang ahli di bidangnya. Kamu juga akan mendapat sertifikat kelulusan setelah menyelesaikan pelatihan, lho!


Skill Academy juga merupakan salah satu mitra resmi Kartu Prakerja, sebuah program pengembangan kompetensi kerja yang diusung oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia. Nggak cuma kursus online, Skill Academy juga menyediakan lokasi pelatihan offline terakreditasi yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk terhubungan dengan layanan Skill Academy, kamu cukup mengakses website www.skillacademy.com atau mengunduh aplikasinya pada smartphone-mu.


Arkademi

Menjadi platform kursus online yang menargetkan orang dewasa dalam usia produktif, Arkademi hadir buat kamu yang pengen memperoleh pekerjaan impian, mengembangkan karier, ataupun meningkatkan daya saing di dunia kerja. Metode pembelajaran yang ditawarkan oleh Arkademi pun tergolong unik, karena materi yang nantinya diberikan pada kamu akan disesuaikan dengan perilaku mobilitasmu saat menggunakan aplikasi atau situs Arkademi. So, kurikulum, materi ajar, dan teknologi yang disediakan akan berbeda dari satu orang dengan orang lainnya.


Bentuk materi utama yang bisa kamu unduh secara berbayar di Arkademi berupa video ajar berkualitas tinggi yang dibagi ke dalam beberapa video berdurasi singkat. Cara ini digunakan untuk memudahkan para pengguna mempelajari materi secara bertahap sesuai dengan waktu yang dimilikinya. Jadi sesibuk apapun kamu, kamu tetap bisa belajar di mana saja dan kapan saja, deh! Untuk memulai kursus, kamu bisa mengakses www.arkademi.com atau mengunduh aplikasinya pada smartphone-mu.


Mau Belajar Apa

Satu lagi mitra dari program Kartu Prakerja yang menawarkan kursus online, yakni Mau Belajar Apa. Buat kamu yang mencari kursus online dengan materi non-akademis, kamu bisa mencoba kursus di Mau Belajar Apa. Melalui Mau Belajar Apa, kamu bisa menemukan lebih dari 1.000 workshops dengan tema yang berbeda-beda setiap tahunnya, serta terhubung dengan para pengajar ahli, seperti guru, institusi, dan workshop facilitator di Indonesia. Beberapa kelas yang paling populer di platform ini adalah Kelas Bisnis, Kelas Masak, Kelas Seni, dan juga Kelas IT. Untuk bisa membeli tiket workshop, kamu cukup mengakses www.maubelajarapa.com.


Sudah nggak bingung lagi mengisi waktu luang selama tinggal di rumah aja, kan? Yuk, mulai belajar skills baru dengan mengikuti kursus online!


88 views0 comments
bottom of page