5 Alasan Pentingnya Kontrak Kerja Sama dalam Mengembangkan Usaha

Setiap pengusaha pasti punya langkah sendiri dalam mendirikan usahanya. Tapi nggak berhenti sampai disini aja, Ladies. Masih banyak hal yang harus dilakukan untuk mengembangkan sebuah usaha, salah satunya adalah melakukan hubungan kerja sama. Dalam pelaksanaannya, hubungan kerja sama butuh kontrak atau perjanjian untuk memastikan apa yang telah disepakati bisa berjalan dengan lancar.


Lalu, kenapa ya kontrak kerja sama itu penting banget? Yuk, kita simak satu persatu!




1. Berfungsi sebagai hukum atau undang-undang bagi pihak pembuat

Berdasarkan Pasal 1338 KUHPer, kontrak berlaku sebagai hukum yang mengatur bagi para pihak yang membuatnya, dan berisi apa yang harus, boleh, dan nggak boleh dilakukan. Selain itu, apabila usahamu dilakukan oleh dua pihak, hak dan kewajiban didalam kontrak harus diperjelas agar setiap pihak tahu dan sadar akan kewajibannya dan mendapatkan hak sesuai dengan apa yang telah dijanjikan.


2. Menjadi acuan dalam melakukan kewajiban

Dengan adanya kontrak, kamu bisa memeriksa apakah pihak yang bersangkutan sudah melaksanakan apa yang sudah dijanjikan, atau mungkin telah melanggar kontrak. Nah, kalau mereka belum melakukan apa yang dijanjikan, kamu bisa mengingatkan mereka untuk segera melakukannya!


3. Mencegah timbulnya masalah di kemudian hari

Sanksi adalah hal penting yang harus ada didalam kontrak. Tujuannya adalah agar para pihak yang bersangkutan tidak melanggar kontrak. Dengan ada sanksi, maka kamu dapat mengantisipasi adanya kemungkinan yang dapat merugikan pihak didalam kontrak tersebut.



4. Menentukan cara penyelesaian masalah

Kalau dalam menjalankan usaha muncul permasalahan, kamu nggak perlu saling menyalahkan atau main hakim sendiri, ladies. Kontrak akan mencantumkan dengan jelas cara penyelesaian masalah. Misalnya, ada masalah yang nggak bisa diselesaikan lewat musyawarah, Dengan kontrak, kamu bisa menyelesaikannya melalui Pengadilan atau Arbitrase.


5. Alat bukti jika terjadi perselisihan

Usaha yang kamu dirikan nggak selamanya berjalan lancar. Dalam perjalanan mengembangkan usaha, bisa saja terjadi konflik. Nah, kalau sudah terjadi, kamu bisa menggunakan kontrak bisa sebagai bukti tertulis untuk menggugat pihak lain yang melanggar dan tidak melakukan apa yang telah dijanjikannya.


Gimana, Ladies, sudah paham akan pentingnya sebuah kontrak, kan? Kamu nggak perlu repot-repot membuatnya sendiri, karena kamu dapat mengurus pembuatan kontrak melalui Kontrak Hukum. Kontrak Hukum siap membantumu mendapatkan jasa layanan hukum yang berkualitas untuk mendukung bisnis anda. Tunggu apa lagi? Yuk, buat kontrak bersama Kontrak Hukum!

Recent Posts

See All