top of page
  • Writer's picturestellarw

3 Ide Branding Yang Bikin Viral Dengan Manfaatkan Hari Ibu

Salah satu indikator dari branding yang sukses adalah produk kita menjadi viral dan dikenal banyak orang. Untuk menjadi viral, kamu bisa mengikuti tren yang sedang ada saat ini, salah satunya tren Hari Ibu.


Ini dia 3 ide branding yang sederhana namun sukses viral di media sosial. Kamu bisa tiru untuk branding bisnis saat Hari Ibu. Baca artikelnya sampai habis yaa..


Kampanye Mother’s Day Away oleh Kraft

Di Hari Ibu tahun 2019, Kraft membuat ide branding bisnis yang mengangkat topik membebaskan para ibu dari pekerjaan rumah tangga. Kampanye ini berjudul Mother’s Day Away.

Mother's Day Away Kraft Ide Kampanye Hari Ibu
Sumber: Ad Ag

IDE BRANDING: LIHAT KEBUTUHAN UTAMA KONSUMEN


Dalam kampanye ini, Kraft menawarkan dana reimburse bagi para ibu untuk menyewa babysitter saat Hari Ibu. Semua biaya sewa babysitter yang dikeluarkan, ditanggung penuh oleh Kraft.


Ide branding ini tercetus dari hasil pengamatan Kraft terhadap kebutuhan konsumennya. Kraft tahu bahwa para ibu adalah konsumen utama produk mereka.


Menurut Kraft, para Ibu pasti membutuhkan hari libur dari pekerjaan rumah tangga yang berat. Akhirnya mereka membantu para ibu agar bisa libur dengan menyediakan dana reimburse babysitter.


Tentu ini lebih baik daripada hanya memberikan free product, karena free product belum tentu dibutuhkan oleh para ibu kan?


SUKSES VIRAL DIBICARAKAN KONSUMEN & MEDIA


Dari ide branding ini Kraft berhasil menciptakan impresi yang baik bagi para ibu. Kampanye Mother's Day Away ini menerima penghargaan besar dan viral mendapat liputan dari banyak media.


Hal ini dikarenakan Kraft bisa menyampaikan pesan yang sederhana, menyentuh, dan sesuai dengan kebutuhan para ibu yang menjadi konsumen utama mereka.



Kampanye #PamperHerWithPretty oleh Ulta Beauty

Setiap anak pasti ingat nasihat dan saran yang diberikan oleh ibunya, setidaknya satu nasihat. Hal ini ternyata menjadi ide branding yang diciptakan oleh brand kosmetik Ulta Beauty dengan judul #PamperHerWithPretty.


IDE BRANDING: BERI RUANG UNTUK KONSUMEN BERCERITA


Dalam kampanye ini, Ulta Beauty meminta followers untuk men-share beauty tips yang mereka dapat dari ibu mereka. Followers diminta untuk menuliskan beauty tips tersebut di kolom komentar.

ENGAGEMENT NAIK DENGAN CARA SEDERHANA!


Tercatat, seluruh postingan kampanye #PamperHerWithPretty ini mendapatkan total views lebih dari 147 ribu. Untuk meningkatkan engagement, ini adalah ide yang sederhana dan sangat mudah diaplikasikan!


Kamu juga bisa membuat hal serupa untuk meningkatkan engagement brand di media sosial. Contohnya: meminta followers untuk menceritakan kisah kelahiran mereka. Karena setiap anak pasti pernah mendengar kisah saat ibunya melahirkan mereka.


Kampanye The Toughtest Athlete oleh Nike

Nike terkenal sebagai brand yang menjual baju dan sepatu olahraga. Spesial di hari ibu, Nike juga melaunching produk baru mereka khusus untuk Ibu Hamil! Karena menurut Nike, para ibu hamil pasti ingin tetap berolahraga dengan nyaman.


Toughest Athlete Nike Pregnant Women Ads
Sumber: Social Samosa

IDE BRANDING: BE RELEVANT WITH CUSTOMER'S PROBLEM


Dalam ide brandingnya, Nike menggunakan model para atlet yang sedang hamil. Alasan ini dikarenakan Nike ingin para wanita berhenti beranggapan bahwa kehamilan menjadi penghambat bagi mereka untuk berolaharaga.


Ide ini sukses menyentuh para wanita. Video kampanye tersebut berhasil mendapat 14 Juta views di youtube dan masuk dalam deretan 10 video yang paling banyak ditonton di channel youtube Nike.



NOTES FOR STELLARS!

Itu dia 3 ide branding yang bisa kamu contek untuk membuat bisnismu viral. Sebelum membuat ide branding, posisikanlah dirimu sebagai konsumen. Pikirkanlah ide yang out of the box namun sederhana. Keep it simple ladies!


(GG)


71 views0 comments

留言


bottom of page