top of page
  • Writer's picturestellarw

Yuk, Kenali 5 Love Language untuk Upgrade Diri!

Updated: Oct 13, 2021

Stellars, kamu pernah denger ga sih soal 5 Love Languages atau yang biasa disebut 5 bahasa cinta yang dimiliki seorang manusia? Ternyata ga cuma kata-kata saja yang memiliki bahasa ya, cinta juga ada! Dan bahasa cinta ini tentunya berguna untuk kamu bisa mengerti tentang dirimu sendiri, pasanganmu, rekan kerjamu, dan orang-orang di sekitarmu. Dengan saling mengetahui bahasa cinta masing-masing, kamu jadi bisa menyesuaikan tindakanmu / cara kamu berperilaku kepada orang tersebut sesuai dengan Love languages yang ia miliki. Begitu juga dengan cara kamu memperlakukan dirimu sendiri & mencintai diri kamu sendiri! Menarik banget bukan? Pastinya sudah penasaran dong! Yuk langsung kita simak 5 jenisnya!


1. Words of Affirmation

Source: unsplash.com

Buat kamu yang orangnya suka banget kalau lagi sedih pasti cerita, suka banget kalau disemangatin, dan sangat menghargai kata-kata yang diucapkan seseorang untuk kamu, berarti kamu memiliki Love Language Words of Affirmation! Nah, untuk kamu yang memiliki tipe ini, kamu dapat menulis diary, berkaca dan mengatakan kata-kata positif kepada diri kamu sendiri ketika kamu sedang merasa down / stress supaya kamu tetap semangat! Begitu juga ketika kamu menghadapi orang yang memiliki love language words of affirmation, banjiri dia dengan kata-kata positif dan membangun, ekspresikan dirimu melalui kata-kata, dan berikanlah pujian & semangat!


2. Quality Time

Source: unsplash.com

Siapa yang suka banget nih menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta? Meskipun tidak melakukan hal apapun tetapi yang penting menghabiskan waktu bersama. Kalau kamu orang yang seperti itu, berarti bahasa cintamu adalah Quality time. Untuk kamu yang memiliki Love language ini, ketika kamu merasa sedih, kamu dapat meluangkan waktu untuk melakukan me time seperti dengan drakor-an, olahraga, dan lain-lain. Ketika kamu sedang ingin menghibur teman kamu yang memiliki bahasa cinta quality time, luangkanlah waktu untuknya dan temani dia untuk melakukan hal-hal bersama!



3. Receiving Gifts

Source: unsplash.com

Apakah kamu merasa senang ketika menerima hadiah / oleh-oleh dari orang-orang di sekitar kamu? Bukan karena soal harganya ya, Stellars! Tetapi soal arti dibalik pemberian tersebut. Kalau kamu memang orang yang menyukai hal tersebut, maka kamu adalah tipe yang receiving gifts untuk bahasa cintamu. Jika kamu memiliki bahasa cinta ini, kamu dapat memanjakan dirimu dengan melakukan self-treat dengan shopping spree, baking / cooking, dan lain-lain. Ketika ingin menghibur orang yang memiliki love language ini, kamu dapat memberikannya meaningful gifts, dan tentunya mood mereka akan membaik lagi!


4. Acts of Service

Source: educenter.id

“Talk less do more” adalah motto dari setiap orang yang memiliki bahasa cinta ini, yaitu acts of service. Bagaimana cara orang lain memperlakukanmu menjadi sangat penting untukmu dan begitu juga sebaliknya, maka kamu adalah orang yang memiliki bahasa cinta ini. Maka dari itu, ketika kamu sedang ingin menghilangkan stress-mu, kamu dapat melakukan hal-hal seperti bersih-bersih, nyalon, mani pedi, dan lain-lain. Sedangkan ketika sedang ingin membahagiakan orang berbahasa cinta ini, kamu dapat membantu pekerjaannya mulai dari hal-hal kecil saja, seperti dengan mengantarkannya, membantu mengerjakan pekerjaannya, mempersiapkan makanan untuknya, dan lain-lain.


5. Physical Touch

Source: unsplash.com

Siapa disini yang butuh banget afeksi dari seseorang? Kalau kamu orangnya maka kamu adalah orang yang memiliki love language physical touch. Sama seperti namanya, kamu akan merasa senang ketika kamu diberikan afeksi dan perhatian melalui gesture yang dikeluarkan oleh orang lain kepada kamu. Jika kamu adalah orang dengan bahasa cinta ini, untuk meredam rasa jenuh kamu, kamu dapat pergi spa, reflexology, ataupun skincare-an. Lalu, ketika kamu ingin menghibur seseorang dengan bahasa cinta ini, berikanlah mereka pelukan hangat dan pundak untuk bersandar. Hal itu tentunya akan membuat ia menjadi lebih tenang!


Itulah 5 Love Language yang ada dalam diri manusia! Kira-kira kamu tipe yang mana nih? Yuk cari tahu lebih dalam dengan mengambil tes secara gratis di www.5lovelanguages.com! Selamat mencoba!


121 views0 comments

Opmerkingen


bottom of page