• StellarW

Yuk, Hindari Hoax Di Masa Pandemi Dengan 4 Cara Ini!

Updated: Oct 1, 2020


Untuk tetap bisa update dengan tentang berita seputar pandemi COVID-19, nggak jarang kita mengandalkan berita yang muncul di media sosial. Meskipun berita yang tersebar melalui media sosial terasa lengkap dan mudah diakses, tapi bukan berarti informasi yang disampaikan sesuai dengan fakta, lho! Supaya kamu nggak termakan hoax atau berita bohong di masa pandemi ini, coba ikuti tips-tips sederhana ini, deh!


Selalu Perhatikan Sumber Berita

Di media sosial kamu bisa menemukan satu jenis berita yang sama dari sumber yang sangat beragam. Itu kenapa penting banget untuk tau sumber asli dari suatu berita yang ingin kamu baca. Bila informasi yang kamu lihat tidak mencantumkan nama penulis atau instansi tertentu serta tanggal dari peluncuran berita, kamu perlu lebih hati-hati lagi dalam menyerap suatu informasi, apalagi menyebarkannya kepada orang lain.


Jangan Termakan Judul Clickbait

Setiap kali melihat headline sebuah berita, kadang kita suka dibuat panik duluan sebelum sempat membaca isi dari keseluruhan berita. Dalam mencari informasi seputar pandemi, kamu pun harus teliti dan bijak dalam memilih berita, terutama berita dengan judul clickbait. Pastikan berita tersebut valid dengan membawa isi berita secara lengkap. Kalau ternyata isi berita tidak sesuai dengan judul, artinya berita tersebut nggak cukup akurat untuk bisa kamu bagikan ke orang lain.


Cari Berita Serupa di Situs atau Media Lainnya

Cara lainnya yang bisa kamu coba untuk mendeteksi berita bohong adalah dengan mencari berita dengan topik serupa di situs berita atau media lainnya selain media sosial. Terkadang berita yang muncul di media sosial bisa jadi merupakan hasil kutipan dari sumber yang terpercaya, atau bahkan sekadar mengatasnamakan instansi tertentu. Karena itu kamu perlu menelusuri lebih dalam tentang kelengkapan informasi yang disampaikan di media lainnya. Apakah berita yang ditampilkan sama atau justru disulap menjadi berita baru dengan detail yang kurang valid?


Tanyakan Pada Ahli yang Bersangkutan

Kalau kamu masih ragu dalam menentukan apakah suatu berita termasuk hoax atau tidak, nggak ada salahnya untuk menanyakan topik terkait dengan ahli di bidangnya, kok! Misalnya saat kamu ingin mengetahui fakta tentang gejala COVID-19, kamu bisa bertanya pada dokter atau ahli kesehatan. Cara lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi yang menangani isu pandemi, seperti World Health Organization (WHO) atau https://covid19.go.id/ untuk wilayah Indonesia.


Kalau kamu sudah tau cara menimbang berita asli dengan berita bohong, kamu nggak perlu lagi panik dalam mencari informasi seputar pandemi, kan? Ingat, selalu pastikan keaslian dari suatu berita setiap kali ingin menyebarkannya pada orang lain, ya!


5 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW