5 Tips For Staying Productive While You Are Working From Home

Updated: May 14, 2020



Sudah lebih hampir 3 bulan kita melakukan physical distancing dikarenakan global pandemi yang saat ini sedang berlangsung. Sebagian besar dari sekolah dan perkantoran pun sudah mempraktekan Work From Home (WFH) atau kerja dari rumah. Kita pun merasakan ada banyak perubahan pada aktivitas sehari-hari, yang biasanya setiap hari siap-siap untuk pergi ke kantor sekarang kita cukup membuka laptop saja dirumah dan melakukan pekerjaan secara virtual.


Tapi tahukah kamu bahwa banyak diantara kita yang merasakan rutinitas ini menjadi sesuatu yang monoton dan terkadang suka merasa kurang bersemangat mengerjakan rutinitas pekerjaan kantor. Tenang saja, Stellar punya tips-tips untuk mengatasi rasa bosan tersebut dan menjadikan Working From Home kamu menjadi lebih produktif dan menyenangkan.


Kunci sukses dari WFH adalah dengan menciptakan suasana yang dapat memberikanmu ruangan untuk bisa fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan. Yuk simak apa saja yang perlu kamu lakukan:


1. Get Ready For the Day


Rule number one, hindari bangun siang, pada saat kamu bekerja dari rumah godaan untuk berdiam di tempat tidur lebih lama sangat memungkinkan! Mulai rutinitas kamu di pagi hari, layaknya kamu mau berangkat ke kantor agar rasa malas tidak menghampiri kamu. Well, it’s ok to give yourself a little time to stay in bed once in a while during this uncertain situation, tapi ingat self-discipline juga sangat penting untuk tetap termotivasi pada gol kamu. So ladies, start setting your alarm!


2. Get Dressed!

Mungkin ini sesuatu yang sangat simple, tetapi believe it or not penampilan mempengaruhi mental kita terutama pada saat bekerja, memang sangat nyaman berada di rumah dan mengenakan baju tidur, tetapi ini bisa menyebabkan kegiatan menjadi lebih less productive, belum lagi dengan jadwal video call meeting yang cukup padat, alangkah baiknya kalau kamu terlihat clean and neat. Tentunya kamu tidak perlu sampai formal sekali seperti di kantor, cukup ganti baju kamu dengan yang rapih namun nyaman, ini menunjukkan bahwa kamu siap memulai hari kamu untuk bekerja.


3. Set Your Goals For the Day


Setelah kamu selesai dengan urusan tugas rumah, saatnya kamu memikirkan apa yang akan kamu capai di tempat kerja. Review kembali to-do-list yang sudah kamu buat semalam sebelumnya dan set gol kamu untuk hari itu. Pikirkan apa yang akan kamu lakukan untuk mencapai gol tersebut di hari itu dan langkah strategi yang harus kamu ambil. Tapi ingat ya kamu harus keep it short to not overwhelm yourself and try to list at max. 5 goals per day.


4. Create A Home Office Ambience


Untuk yang satu ini sangat penting. Pilih satu spot atau ruangan di rumah kamu yang menurutmu bisa memberikan ambience untuk fokus pada pekerjaan dan jauh dari semua distraction. Hindari kerja di atas tempat tidur atau sofa karena ini akan membuat kamu menjadi slow dan tidak bersemangat. Ingat WFH bukan berarti kamu tidak bisa memiliki space sendiri untuk bekerja seperti biasa.


5. Exercise And Be Healthy

Karena saat ini kita semua melakukan hampir seluruh aktivitas dari rumah membuat kita menjadi jarang bergerak, yuk coba untuk olahraga ringan secara rutin dan konsumsi makanan yang sehat. Bangun pagi dan lakukan stretching atau light yoga bisa membantu sirkulasi darah menjadi lancar, selain itu pastikan asupan kita memiliki gizi yang cukup. Karena after all being healthy is our top priority.


Itu dia 5 cara mudah untuk kamu yang saat ini sedang mengalami WFH agar tetap bersemangat menjalani hari kamu. Stay safe everyone and be alway happy!

14 views0 comments

Recent Posts

See All