Top 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Pengusaha Baru

Di masa pandemi ini banyak banget peluang untuk merintis usaha, mau itu dalam bidang kuliner, fashion, photography, dan banyak lagi. Kamu pasti punya banyak banget ide kreatif dan fresh untuk dituangkan dalam bisnis barumu ini. Eits, sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus perhatikan kesalahan-kesalahan yang sering banget dilakukan pengusaha baru. Jangan sampai kamu melakukannya juga ya!


1. No Plan

Kesalahan pertama yang mungkin saja kamu lakukan adalah ketika kamu punya ide yang hebat tapi nggak punya solid plan. Sure, not everyone has good ideas, tapi kamu harus tahu jalan eksekusi untuk semua ide yang kamu punya. Misalnya perencanaan keuangan, dan model bisnis apa yang kamu mau geluti. Walaupun sulit, tapi waktu yang kamu habiskan untuk merencanakan bisnis kamu merupakan investasi yang paling penting lho.


2. Mengeluarkan terlalu banyak uang di awal

Omong-omong soal investasi, start-up cost memang perlu. But you can keep it simple. Kamu nggak perlu mengambil resiko berlebih dengan berinvestasi di situs website mewah seharga jutaan rupiah. As a beginner, you better cash flow it!


3. Melakukan semuanya sendiri

Mau ini bisnis sampingan atau pekerjaan utama, kamu harus memanfaatkan waktu dengan bijak. Kamu perlu memiliki asisten, baik secara langsung atau virtual. Kamu juga bisa mendapat partner yang tidak terlalu mahal dengan membuka kesempatan pada orang yang sedang mengerjakan suatu project atau dengan membuka internship. Be creative!

4. Making things perfect before launching

Mencoba menyempurnakan semuanya sebelum launching sehingga kamu menunggu terlalu lama untuk launching usahamu. Kamu mengambil terlalu banyak waktu untuk berpikir dan tidak cukup waktu untuk bertindak.


5. Not surveying potential customers

Ini adalah kesalahan besar jika kamu nggak tahu masalah yang dimiliki konsumen idealmu. Seringkali, bisnis diciptakan untuk menjawab suatu kebutuhan. Usahamu nantinya akan menjadi penyelesaian untuk permasalahan konsumenmu. Jangan lupa untuk cari tahu apa yang mereka butuhkan, ya. Kalau perlu, boleh lho mulai bentuk tim research and developmentmu sendiri.


6. Meniru usaha lain yang sejenis

Jangan sampai kamu cuma meniru usaha-usaha lainnya, ya. Ingat kalau kamu itu unik. Kamu punya tujuanmu sendiri, begitu juga misi dan mimpimu.


7. Ide bisnismu nggak sesuai dengan passionmu

Kalau niatmu cuma sekedar mencari uang, bisa jadi bisnismu nggak berumur panjang. Kamu harus tau apa interest, value, dan motivasi-mu merintis bisnis. Mulailah merintis bisnis dalam bidang yang kamu sukai, karena pasti jalanmu akan jadi lebih lancar!


8. Blog = Bisnis?

Blogging sangat populer belakangan ini. Mereka terlihat gampang mendapatkan uang hanya dengan mengiklankan sesuatu. Well, untuk punya blog yang dikenal banyak orang dan punya pengikut yang loyal itu perlu waktu yang sangat lama dan juga kerja keras. Jadi, seperti bisnis lainnya, kamu harus siap bersabar untuk memetik hasilnya ya.


9. Not Starting Today!

Kesalahan terakhir adalah tidak mengambil langkah kecil dan menyempurnakan langkahmu setiap harinya. Kamu pasti punya impian dan tujuan besar, wujudkan dengan melakukan hal-hal kecil setiap hari.


Stellar Women, kamu perlu memperhatikan langkah awal dalam merintis bisnis, bahkan sampai kamu menjadi pemimpin nantinya. Jangan sampai kamu lakukan kesalahan-kesalahan diatas ya. Hmm, kalau sudah, nggak terlambat kok untuk mulai memperbaiki dan menjadi lebih baik lagi. Semoga sukses!

13 views0 comments

Recent Posts

See All