• StellarW

Tips Produktif Untuk Kamu Yang Suka Procrastinate!

Updated: Oct 1, 2020


Siapa sih yang nggak pengen tampil produktif di setiap kesempatan? Tapi nyatanya nggak semua orang bisa dengan mudah mengatur skala prioritas dalam menjalankan tugas, lho! Beberapa dari kita mungkin masih berusaha untuk mengabaikan keinginan menunda pekerjaan. Sejumlah distraksi seperti perasaan malas hingga stress bisa jadi penyebab dari kebiasaan menunda yang kamu alami. Kalau dibiarkan, kebiasaan menunda bisa berpengaruh pada penurunan kepercayaan diri, lho! Jangan sampai ini terjadi pada kamu, deh! Meskipun nggak mudah, kamu tetap bisa mengatasi kebiasaan menunda dengan mengikuti sejumlah tips di bawah ini, kok!


Beri Penghargaan Atas Progress yang Kamu Buat

Kebiasaan menunda yang biasa kamu lakukan mungkin berasal dari kurangnya motivasimu dalam menjalani pekerjaan atau mengejar suatu target. Kamu terlalu fokus memikirkan kemungkinan buruk bahkan sebelum mulai mengerjakan tugas yang diberikan padamu. Hal ini sangat wajar terjadi, kok!


Untuk dapat meng-handle motivasimu dalam mencapai suatu tujuan, kamu bisa menetapkan reward tertentu yang akan kamu berikan pada dirimu sendiri saat berhasil membangun progress, misalnya saat kamu memutuskan untuk konsisten menjalankan diet. Mungkin di awal minggu motivasi tersebut masih ada, tapi seiring waktu rasa malas, takut gagal, dan pikiran negatif lainnya bisa membuatmu lupa akan goals awalmu. Supaya kamu tetap teguh pada komitmen, kamu bisa memberi penghargaan berupa cheat day atau makan makanan favoritmu saat weekend. Dengan begitu, kamu nggak akan fokus pada tantangan yang harus kamu hadapi, tapi pada reward dan goal yang ingin kamu raih.


Mulai Dari Langkah yang Kecil

Memikirkan keseluruhan proses yang perlu kamu lalui saat ingin mencapai goals memang memusingkan, bahkan nggak jarang bikin kamu keteteran. Untuk menghindari perasaan overwhelmed, kamu harus bisa fokus dengan prioritasmu dalam pekerjaan. Tugasmu mungkin banyak, tapi bukan berarti perlu dikerjakan secara bersamaan, kan? Kamu bisa memulai dengan langkah kecil, yakni dengan mengerjakan tugas yang paling urgent atau memiliki deadline terdekat. Every little step will be mattered for your journey to accomplishment!


Temukan Partner yang Suportif

Entah di dalam maupun di luar pekerjaan, mengejar goals dan melalui tantangan selama prosesnya nggak selalu mudah dilalui sendirian. Beberapa dari kita nggak cuma butuh dukungan yang datang dari dalam diri, tapi juga sosok partner yang mampu mengoreksi dan mengingatkan kita tentang tugas yang harus kita selesaikan. Saat kamu merasa mulai ingin menunda pekerjaan, kamu bisa sharing pada teman terdekat atau orang tersayang yang kamu percayai. Dengan membagikan struggle-mu pada seorang partner, kamu bisa lebih mempertahankan komitmen yang sudah kamu bentuk di awal karena adanya sosok yang mengiringimu dalam proses tersebut.


Kalau sudah mengetahui tips di atas, nggak ada lagi alasan untuk menunda pekerjaan, dong? Semoga kamu bisa jadi lebih produktif ke depannya, ya!


Recent Posts

See All