• StellarW

Tips Mudah Networking Untuk Kamu Si Introvert


Kamu termasuk pribadi yang introvert? Berarti kamu sulit merasa nyaman saat harus berinteraksi dengan banyak orang dan berlama-lama berbicara di keramaian, nih! Kalau keadaan semacam ini terjadi padamu, pasti rasanya pengen cepat-cepat pergi, ya? Well, hal ini bisa saja mempersulit kamu dalam menjalin hubungan dengan orang lain saat memasuki dunia kerja. Tapi nggak perlu khawatir, karena kamu tetap bisa membangun networking sebagai seorang introvert, kok! Ikuti strateginya di bawah ini!


Tentukan Niat Awal dan Tujuan Akhirmu

Oke, sekarang kamu diminta untuk datang ke sebuah acara yang dihadiri oleh banyak potential partners untuk bisnismu. Mungkin membayangkan hal ini bisa bikin kamu jadi overthinking, tapi kamu justru bisa memanfaatkan sifat ini sebagai cara untuk menyiapkan proses pendekatanmu dengan calon rekan bisnis secara lebih matang.


Cukup tentukan siapa rekan bisnis yang paling cocok dengan visi dan misi bisnismu, berapa business card yang harus kamu siapkan, berapa lama kamu harus stay di acara itu, dan pertanyaan lainnya yang membuatmu semakin mantap dalam membuat goals.


Awali Dari Acara Berskala Kecil

Mulailah membangun networking dari langkah yang kecil. Kalau kamu masih terlalu gugup untuk menghadiri acara berskala besar, kamu bisa belajar menjalin hubungan dengan rekan bisnis pada acara berskala kecil lebih dulu. Cara ini juga lebih efektif karena kamu bisa memilih acara dengan target audience yang lebih spesifik, sehingga lebih mudah bagimu untuk menentukan tipe rekan bisnis yang cocok untuk diajak bekerja sama.


Hindari Basa-basi

Sebagai introvert, rasanya akan sulit bagi kamu untuk memulai pembicaraan ringan dengan calon rekan bisnis. Nggak perlu khawatir, karena kamu bisa menutupi kekurangan ini dengan menyiapkan pertanyaan berbobot yang mampu menarik perhatian lawan bicaramu.


Kamu tak perlu takut melontarkan pertanyaan yang kompleks dan sulit, karena langkah seperti ini akan menguatkan keyakinan calon rekan bisnis akan pengetahuan dan kemampuan kamu yang mumpuni. Pada akhirnya, first impression yang terbentuk dalam dirimu adalah sosok yang pintar dan penuh dengan ide.


Jadilah Pendengar yang Baik

Ini adalah kesempatan kamu untuk menunjukkan skill-mu sebagai good listener. Selama melakukan pendekatan dengan calon rekan bisnis, biarkanlah ia berbicara lebih banyak dibandingkan kamu.


Pastikan kamu juga melakukan kontak mata saat mendengarkannya dan memberi jawaban yang relevan saat diberikan kesempatan untuk merespon pembicaraannya. Dengan begitu, kamu akan dipandang sebagai sosok yang peduli dan mampu menghargai orang lain.


Sudah nggak ragu lagi dalam membangun networking sebagai seorang introvert, kan? Selamat mencoba startegi di atas, ya!

15 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW