Tips Menjawab Business Call Bagi Kamu yang Introvert

Updated: Oct 1, 2020



Sering deg-degan tiap bertemu orang baru? Tangan berkeringat? Pikiran nge-blank? Atau kamu sering menyiapkan tak-tik untuk menghindar?


Well, mungkin banyak yang masih sulit membedakan apakah kita introvert atau hanya malu. Seorang introvert bukannya takut untuk bersosialisasi atau di-judge oleh orang-orang disekitarnya, namun interaksi sosial terasa sangat melelahkan bagi mereka. Termasuk berbicara di telepon.


Yup, dalam dunia kerja, sangat besar kemungkinan untuk menerima atau harus menelepon dengan subjek dan waktu yang variatif. Bagi introvert, menelepon bisa banget menguras tenaga dan memunculkan kecemasan. Jangan sampai hal ini menghambat improvement kamu ya, ladies! Berikut ini tips melakukan panggilan kerja untuk introvert. Here we go



1. Akui kekuranganmu!

Dengan kamu mengakui kecemasanmu, kamu bisa melatih dirimu untuk meraih tujuanmu. Setelah itu kamu bisa mempersiapkan diri dan mengetahui prospek karirmu. Aktor dan atlet sekalipun masih perlu berdamai dengan sifat introvert-nya hingga akhirnya mereka bisa menghadapi pekerjaannya dan fokus pada tujuan mereka.


2. Persiapkan diri dengan baik.

Coba buat daftar berisi poin-poin penting yang akan kamu bicarakan and stick to it! Dengan tetap fokus pada tujuan utama kamu menelepon, kamu akan menghindari situasi canggung dengan klien. Kamu juga bisa mengurangi nervous dengan melakukan role play di cermin atau dengan temanmu.


3. Mereka nggak bisa lihat kamu kok!

Orang yang sedang kamu telepon nggak memperhatikan pakaian kamu, apakah kamu berkeringat atau gemetar. Kamu juga nggak perlu melakukan kontak mata dan mengakali bagaimana untuk nggak kaku di depan dia. So, kamu cuma perlu fokus sama nada bicaramu dan tujuan kamu menelepon.


4. Jangan berlebihan.

Setelah ngobrolin poin-poin yang mau kamu sampaikan, kamu juga bisa memberi solusi kepada klien dan menunjukkan kemampuan dirimu. Buat klien percaya dan merasa nyaman dengan kepribadian aslimu. Nggak perlu lebay atau meniru gaya bicara extrovert, ya!


Telepon menjadi salah satu senjata paling ampuh dalam bisnis. Setiap mau menelepon, ingatkan dirimu kalau klienmu butuh mendengarkan poin-poinmu dan layananmu untuk memecahkan masalah mereka. Business call punya benefit untuk mempercepat pertumbuhan bisnismu dan membawa kesempatan baru untukmu. Stand up, ladies! Your voice need to be heard!

  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW