Tips Agar Meeting Lebih Produktif dan Efektif!

Di era sekarang, sudah banyak female leaders yang mampu membangun bisnis mereka hingga besar dan dikenal semua orang. Tapi untuk mencapai titik itu, kamu harus melalui banyak hal. Salah satunya adalah melakukan partnership. Meeting dengan banyak orang untuk bekerja sama adalah salah satu hal yang pasti akan ditemui selama berbisnis. Menjadi entrepreneur ataupun profesional, kamu harus mengingat beberapa hal dan skill tertentu untuk mencapai outcome yang kamu inginkan.


Check it out!





1. Persiapkan Dirimu

Pastikan kamu tau apa yang akan dibicarakan dalam meeting tersebut dan setidaknya up to date dengan data atau kegiatan terakhir yang sedang dikerjakan oleh kamu maupun rekan kerjamu, rasanya akan sangat tidak enak ketika ditengah-tengah meeting kamu mendapatkan pertanyaan dan tidak bisa menjawabnya bukan?


2. Mendengarkan Dengan Aktif dan Take Notes!

Tahan keinginan untuk “zone out” dan hilang fokus selama meeting, dengan mendengar lalu mencatat poin yang penting dalam materi tersebut dapat membuatmu tetap fokus dan tau apa yang perlu dilakukan nanti setelah meeting berakhir.





3. Bina Komunikasi Yang Efektif

Beberapa orang mungkin berbicara terlalu banyak dan terkadang bisa keluar dari topik meeting, kamu dapat membantu mengembalikan mereka untuk berbicara sesuai subjeknya dengan cara menanyakan opini atau meminta feedback ke newcomers atau rekan yang lebih pasif supaya semua orang dapat berpartisipasi dan tidak didominasi orang tertentu.


4. Tentukan “Meeting Style”

Tidak semua meeting memiliki alur komunikasi yang sama, ada yang bersifat one-way dimana meeting hanya dilakukan untuk memberikan informasi. Dengan mengetahui apa meeting itu bersifat sharing informasi, diskusi kreatif, maupun membicarakan keputusan yang bersifat konsensus, kamu akan dapat berpartisipasi lebih baik dengan cara mendengar dan mencatat atau memberikan ide dengan aktif.


5. Pelajari Cara Mengatasi atau Cara Interupsi Dengan Baik

Jika kamu perlu menambahkan sesuatu ketika sedang ada yang berbicara, cobalah membuat eye contact dan tunggu sampai ada jeda dan bisa mengatakan ini:

“Ada yang ingin saya tambahkan..”

“Bolehkah saya menambahkan sesuatu disini?”

“Sementara kita membahas topik ini, saya ingin mengatakan…”

Dan sebaliknya, ketika di interupsi kamu juga bisa mengatakan

“Bolehkah saya menyelesaikannya dulu dan kembali kepada anda setelah ini?”

“Saya sangat menghargai anda mendengarkan saya dan memiliki sesuatu yang akan dikatakan”




Nah, bagaimana ladies? Tidak sulit kan? Jika akan melakukan meeting secara online maupun offline, jangan lupa untuk lakukan ini ya!


  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW