• StellarW

Tips Agar Karantinamu Bersama Pasangan Tetap Menyenangkan

Updated: Oct 1, 2020


Tinggal di rumah saja bersama pasangan selama pandemi nampaknya bukan masalah besar. Tapi, kesibukan yang kamu dan pasangan harus jalani selama di rumah bisa jadi pemicu stress bahkan konflik di antara kalian, lho! Bayangkan saja kalau pasanganmu berbulan-bulan harus kerja dari rumah dan menjalani banyak virtual meeting setiap harinya, sementara kamu punya kesibukan dengan pekerjaanmu yang membutuhkan fokus dan distraksi yang minimal. Duh, rasanya batas antara pekerjaan, keluarga, dan me time sudah nggak bisa dibedakan lagi, deh!


Itulah kenapa penting bagi kamu dan pasangan saling mengkomunikasikan kondisi hubungan kalian sejak pandemi terjadi. Berikut ini tips yang bisa kamu dan pasangan ikuti supaya karantina di rumah saja tetap terasa menyenangkan!


Bicarakan Tentang Apa yang Kalian Sukai dan Tidak Sukai

Masa pandemi mau nggak mau memaksa kamu dan pasangan untuk membatasi aktivitas di luar rumah. Rasa stress, kesal, sedih, dan perasaan lainnya mungkin sudah kamu dan pasangan rasakan karena kondisi ini. Supaya hubunganmu dengan pasangan tidak terganggu karena ini, kalian bisa menyisihkan waktu untuk membahas hal apa yang kalian sukai dan tidak sukai saat harus tinggal di rumah bersama.


Hal sederhana seperti membagi jadwal dalam mengerjakan tugas rumah, memberi ruang nyaman saat bekerja, bahkan waktu untuk quality time sendiri atau bersama perlu kalian bicarakan. Intinya, carilah solusi dari masalah yang mungkin menimbulkan pertengkaran di antara kalian selama karantina berlangsung.


Beri Kejutan Sederhana Untuk Pasangan

Kalau saat ini kamu dan pasangan nyaman dengan rutinitas kalian, yakni dengan sibuk bekerja dari pagi hingga sore hari serta menghabiskan waktu untuk istirahat di malam harinya, mungkin sedikit kejutan untuk pasangan bisa jadi penyegar dalam hubungan kalian. Nggak ada salahnya memberi hadiah kecil buat pasangan, seperti memasakkannya menu spesial untuk dimakan bersama saat lunch, atau sekadar mengajaknya jalan santai di sekitar rumah sehabis jam kerja. Hal-hal kecil seperti ini justru bisa membangun kedekatan lebih bagi kalian yang mungkin sudah merasa bosan karena harus tinggal di rumah selama berbulan-bulan.


Tumbuhkan Rasa Empati di Antara Kalian

Nggak bisa dipungkiri, situasi pandemi yang serba terbatas seperti sekarang memang menyulitkan semua pihak, tak terkecuali kamu dan pasangan. Hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga hubungan kalian agar tetap harmonis adalah membangun rasa empati terhadap satu sama lain. Ingat, setiap orang pasti mengalami tekanan ekstra akibat pandemi, dan kamu harus memaklumi hal tersebut dalam diri pasanganmu. Ini bisa jadi momen tepat bagi kamu dan pasangan untuk saling menguatkan dan memahami kesulitan yang kalian hadapi akibat pekerjaan, keterbatasan bertemu orang lain, dan perubahan lainnya yang membutuhkan adaptasi.


Beri Ruang Bagi Pasangan

Tinggal di rumah bersama pasangan selama berbulan-bulan tak berarti menghalangi kalian untuk menjalani hobi atau me time. Kalau kamu dan pasangan punya hobi yang berbeda, jangan ragu untuk saling mendukung satu sama lain untuk tetap melakukannya. Bagaimanapun, masing-masing dari kalian butuh waktu untuk menghibur diri sendiri, kan? Karena hubungan yang sehat bukan sekadar menemukan kesamaan dan membangun komitmen, tapi juga mendorong pasangan untuk merasa nyaman dengan apa yang ia ingin jalani.


Lakukan Aktivitas Baru Bersama

Oke, kamu dan pasangan sudah saling memberi waktu buat menjalani hobi kalian masing-masing. Sekarang waktunya kalian mengeksplor aktivitas baru yang bisa kalian jalani bersama-sama. Setelah lelah bekerja seharian, kalian bisa mengisi waktu di akhir pekan untuk mencoba hal baru, misalnya pergi ke suatu tempat yang tidak banyak dikunjungi orang untuk nge-date, mendekorasi beberapa sudut rumah kalian dengan belanja furniture baru secara online, atau mungkin brainstorming untuk membentuk bisnis baru dari rumah milik kalian. Selama aktivitas tersebut sama-sama membuat kalian bahagia, bentuklah memori sebanyak-banyaknya!


Sekarang kamu nggak perlu takut merasa bosan atau stress saat harus tinggal di rumah saja bersama pasangan selama apapun, kan? Selamat menjalani karantina bersama, ya!



  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW