The Value of Appreciation

Updated: Sep 30, 2020





Mendengar apresiasi, rasanya merupakan kata yang sederhana dan sering kita dengar sehari-hari, ya? Tapi sebenarnya, apresiasi itu sangat penting, lho. Beberapa kasus dalam dunia pekerjaan berkaitan dengan apresiasi, seperti karyawan yang resign atau keluar bukan karena gaji atau pekerjaan yang tidak sesuai, tapi karena kurangnya apresiasi dari rekan kerja atau atasan.


“You can buy a person’s hand, but you can’t buy his heart. His heart is where his enthusiasm, his loyalty is. You can buy his back, but you can’t buy his brain. That’s where his creativity is, his ingenuity, his resourcefulness.” - Stephen R. Covey


Kalimat di atas merefleksikan realita pada dunia kerja. Saling mengapresiasi satu sama lain dalam dunia pekerjaan itu penting, karena saat bekerja kita membutuhkan satu sama lain agar pekerjaan kita dapat selesai dengan hasil yang maksimal.


Namun terkadang, kita sebagai manusia terlalu fokus untuk mencapai target kita sendiri dan seringkali melupakan orang-orang yang bekerja bersama atau untuk kita. Sesederhana rekan yang duduk di sekitarmu di kantor, petugas security atau petugas kebersihan yang memastikan kita bekerja dengan aman dan nyaman. Apakah kamu sudah mengapresiasi mereka?


Kalimat sederhana seperti “terima kasih, ya” akan sangat berarti bagi orang lain. Kita dapat memberikan kebahagiaan pada orang lain hanya dengan mengucapkan terima kasih. Dengan kata terima kasih, kita telah mengapresiasi orang lain dan orang lain akan merasa senang karena bisa berkontribusi pada pekerjaan kita sekecil apapun peran mereka.



Kita akan merasakan hal yang sama apabila seseorang mengucapkan terima kasih. Jadi, mengapresiasi satu sama lain itu sangat menguntungkan, ya? Kalau kita bisa membuat orang lain bahagia dengan hal yang sederhana, kenapa tidak?


Selain mengucapkan terima kasih, bentuk apresiasi juga bisa kita tunjukkan dengan cara sederhana lainnya seperti menunjukkan bahwa kita peduli terhadap orang lain. Sesederhana menanyakan kabar, atau pekerjaan apa yang sedang dilakukan. Dengan menunjukkan kepedulian kita, kita mengapresiasi keberadaan orang lain dalam hidup kita.


Tapi ingat, ya, mengapresiasi orang lain harus dilakukan dengan tulus, lho. Jangan berpura-pura hanya agar terlihat baik, karena sebagian orang bisa menyadari ketulusanmu.


Apresiasi merupakan naluri alami manusia. Setiap manusia pasti ingin diapresiasi atas kontribusi yang telah dilakukannya terhadap suatu hal. Hal ini berlaku untuk seluruh manusia, apapun background mereka.


Tapi, jangan hanya ingin diapresiasi tanpa ada keinginan untuk mengapresiasi orang lain, ya. Kita juga harus mengapresiasi orang lain, karena yang bekerja keras bukan hanya kita, tapi orang lain juga. Meskipun kamu merasa pekerjaanmu lebih berat dari orang lain, tapi orang lain juga bekerja dengan kemampuan dan tanggung jawabnya masing-masing.


Hidup kita akan lebih berarti jika kita bisa mengapresiasi orang lain. Jangan lupa untuk juga mengapresiasi dirimu sendiri ya. So, have you appreciate someone today?


12 views0 comments

Recent Posts

See All