• StellarW

Self Improvement Paling Gampang dan Handy: Reading Anytime, Anywhere

Updated: Oct 1, 2020


Ladies, di tengah rutinitas kadang kita perlu banget motivasi. Well, it's never too late to motivate and improve yourself at the same time! Salah satu caranya adalah dengan baca buku. Mungkin banyak di antara kita yang susah banget untuk mulai baca dan komitmen untuk menyelesaikan buku yang sudah kita mulai. Membaca buku bisa jadi sulit di tengah aktivitas dan pekerjaan kita yang padat. Padahal manfaat membaca buku itu banyak banget, lho! Membaca bisa menyegarkan pikiran, mempertajam motivasi, dan membuat imajinasimu berkembang. Selain itu, membaca juga bisa membawa kamu to your furthest nook dan memperluas pengetahuanmu.


Mau mulai membaca buku tapi bingung caranya tetap stick to the plan? Berikut ini beberapa trik yang bisa kamu lakukan:

Bawa Buku Saat Berpergian

Selalu ada kesempatan untuk membaca. Bisa jadi 5-10 menit sebelum kamu meeting, setelah makan siang bersama teman, atau ketika kamu sedang terjebak di tengah macetnya lalu lintas. Saat kamu punya waktu luang, you can break out your book and read. Kalau membawa buku kemana-mana terasa memberatkanmu, kamu bisa beralih ke e-book, kok!


Membuat Catatan Kecil atau Penanda

Menandai atau memberi catatan kecil pada bacaan akan sangat menguntungkan untuk kamu. Kalau kamu mau mencari bagian tertentu dari buku tersebut atau ingin membaca kembali bagian favoritmu, kamu tak akan kesulitan karena sudah menandai poin-poin utamanya. Hal ini bisa membuatmu membaca poin yang sama dengan perspektif berbeda. Selain itu, jika kamu mau meminjamkan bukumu kepada orang lain, mereka bisa terbantu oleh tanda darimu.


Menceritakan Tentang Apa yang Kamu Baca

Setelah kamu membaca, cobalah untuk membagikannya pada orang terdekatmu. Cara ini bisa membantumu mengingat kembali apa saja informasi yang kamu dapatkan sekaligus berbagi pengetahuan baru pada teman, pasangan, atau keluargamu. Siapa tau mereka memiliki ketertarikan yang sama dan obrolan kalian pun jadi lebih seru, kan?


Membaca Cepat

Untuk kamu yang belum terbiasa atau susah banget membaca, kamu bisa mengatur waktu, misalnya 10-20 menit setiap hari. Selama itu, kamu bisa membaca cepat agar kamu tidak mudah lelah dan masih bisa melatih fokusmu. Hal ini sangat berguna jika kamu suka multitasking dan memiliki jadwal yang padat. At least, you’re making progress, right?

Susun Jadwal Untuk Membaca

Agar bisa membiasakan diri membaca membaca, cobalah tetapkan waktu untuk membaca, because creating the habit helps you do more of it. Mulai dari 10 menit setiap hari, kamu akan berkembang dan mulai terbiasa untuk meng-upgrade dirimu dengan cara membaca dari sumber yang terpercaya. Kalau kamu sudah menikmati aktivitas ini, kamu juga bisa bergabung dengan book club sebagai cara untuk lebih memotivasi diri dan berbagi insight pada mereka yang juga senang membaca.


Well, self improvement sangat penting untuk mengoptimalkan kemampuan diri kita. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan membaca, apapun! Mulailah dengan membaca tentang hal-hal yang kita sukai, entah itu artikel, buku motivasi, biografi, bisnis, tips & trick, dan masih banyak lagi. Jangan lupa kalau tujuan utama dari self-improvement is creating your own happiness. So, yuk mulai membaca!

15 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW