• StellarW

Salah Bertindak Dalam Pekerjaan? Atasi Dengan 4 Cara Ini!

Updated: Oct 1, 2020


Saat kamu membuat kesalahan dalam pekerjaan, apa yang pertama kali terlintas di benakmu? Apakah kamu mengira karirmu harus berakhir saat itu juga? Atau mungkin kamu takut dianggap tidak profesional? Tenang! Kamu bisa melalui ini dengan mengambil sejumlah tindakan. Well, sebagai manusia, melakukan kesalahan itu sangat lumrah, terlebih di dunia pekerjaan. Selama kamu belajar dari kesalahanmu, kinerja baikmu pasti bisa menutupi kelalaian yang sempat kamu lakukan, kok! Setelah melakukan kesalahan dalam pekerjaan, ini 4 hal yang bisa kamu lakukan. Simak poin-poinnya di bawah ini!


Segera Ambil Tindakan

Mungkin pikiranmu langsung kacau saat tau kamu membuat kesalahan dalam pekerjaan. Tapi kamu nggak boleh berlarut-larut dalam situasi ini, lho! Untuk menunjukkan bahwa kamu adalah sosok yang bertanggung jawab dan tanggap, kamu perlu mengambil tindakan yang mampu memperbaiki kesalahanmu.


Beberapa kesalahan kecil bisa saja kamu cegah saat kamu bersikap tenang dan cekatan, misalnya saat kamu lupa melampirkan dokumen tambahan ketika ingin mengirimkan email ke rekan kerjamu, kamu bisa dengan segera mengirimkan email baru yang sudah dipastikan kelengkapannya. Kamu baru sadar kalau ada kesalahan pengetikan sesaat sebelum ingin mempresentasikan hasil pekerjaan kepada bos? Jangan panik! Kamu bisa memperbaikinya atau mengoreksinya secara langsung saat sedang melakukan presentasi. Just do anything that can show how calm and professional you are!


Mengakui Kesalahan dan Siap Bertanggung Jawab

Nggak semua kesalahan bisa kamu cegah dalam pekerjaan. Jika kamu mengalaminya, kamu harus siap untuk mengakui kelalaianmu dan meyakinkan bos atau rekan kerjamu kalau kamu siap mengatasi masalah ini secepatnya. Dengan menunjukkan sikap berani seperti ini, kamu akan dipandang sebagai sosok yang mampu berpikir kritis dan dapat bertahan dalam situasi apapun. Meskipun sebagai gantinya kamu harus menerima konsekuensi, seperti pekerjaan yang lebih menumpuk dari biasanya ataupun harus kerja ekstra di luar jam kerja, tapi kontribusimu ini akan diingat oleh bos dan rekan kerjamu di masa yang akan datang.


Belajar Dari Kesalahan

Saat kamu sudah bertanggung jawab, hal yang wajib kamu lakukan adalah evaluasi. Nggak hanya perlu berani mengakui kesalahan di depan orang lain, kamu pun harus berani berbicara pada dirimu sendiri. Evaluasi seperti ini penting agar kesalahan yang sama tidak terjadi di masa yang akan datang.


Pertama-tama, sadari dulu penyebab kesalahan tersebut. Ketika kamu menemukan sumber masalah dari kesalahanmu, kamu bisa mencari tahu cara untuk menghindari atau mengatasinya. After all, no matter how experienced we were, we should never stop learning to grow.


Melangkah Maju

Kamu nggak perlu membiarkan dirimu diliputi rasa bersalah setelah melalui proses ini. Selama kamu sudah berani mengambil tindakan untuk mengatasi kesalahanmu dan merefleksikannya, kamu berhak untuk move on dari situasi ini. Cukup lakukan yang terbaik di masa yang akan datang dan tunjukkan bahwa kamu punya lebih banyak kinerja baik yang bisa diandalkan oleh bos dan para rekan kerjamu.


So, mulai sekarang jangan takut untuk menghadapi tekanan seperti ini di dunia pekerjaan, ya! Tetap semangat dan tak berhenti belajar dari pengalamanmu!

  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW