top of page
  • Writer's picturestellarw

Relationship Counseling: Why is this important for you?

Schedule yang padat dan hustle culture yang banyak terjadi dalam kehidupan berumah tangga membuat kita memiliki sedikit waktu untuk membangun hubungan itu sendiri. Hal ini mungkin juga memunculkan masalah atau konflik pada relationship itu sendiri. Dan ketika maslah ini dibiarkan begitu saja, masalah ini cenderung menjadi lebih parah, yang menimbulkan krisis yang mungkin akan menghancurkan ikatan hubungan antara pasangan. Di titik inilah, relationship counselling dibutuhkan.


Apa itu Relationship Counseling?

Challenges dalam hidup berpasangan mungkin dapat bervariasi dari kepentingan finansial, perbedaan pendapat sampai ke preferensi dalam berhubungan seksual. Dalam menjalani suatu hubungan, konflik dan kesalahpahaman pasti sangat mungkin terjadi saat tahap perkembangan, khususnya pada saat kita ingin mengembangkan hubungan kita ke tahap yang lebih jauh lagi. Fase itu adalah fase dimana kita harus dapat saling mengerti dengan pasangan kita tanpa melupakan untuk beradaptasi dan bersama-sama menyesuaikan diri terhadap semua perubahan yang terjadi.

Relationship Counseling ini sendiri juga dilakukan di bawah bimbingan seorang counselor, yang akan membantu kamu dan pasanganmu mengerti soal isu-isu yang sedang dialami, dan mendapatkan solusi yang tepat untuk membawa hubungan ini ke tahap yang lebih jauh lagi. Bimbingan konseling ini sendiri menawarkan bantuan professional dan saran untuk orang-orang yang ingin menyelamatkan dan memperkuat tali hubungan mereka.


Apa saja Benefits dari Relationship Counseling?

Strengthen Bonds

Konflik memang tidak bisa dihindari dalam suatu hubungan, yang biasanya akan menimbulkan kecemasan, masalah ini mungkin dapat terjadi karena kecemburuan ataupun alasan personal lainnya. Isu-isu ini cenderung memuncak dengan perkelahian yang buruk. Mungkin mudah terjadi kesalahpahaman untuk menjadi titik berat yang membatalkan kecocokan masing-masing individu dalam hubungan tersebut. Dengan demikian, banyak yang tidak terkatakan dan ini melahirkan perasaan yang belum terselesaikan dan berakibat fatal untuk suatu hubungan. Dengan bantuan seorang konselor, kita akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri dan orang penting lainnya dalam hubungan. Kita juga akan belajar bagaimana mengekspresikan perasaan kita masing-masing sambil menyamakan persepsi semua pihak sehingga memperkuat ikatan mereka.


Improve Communication

Kurangnya komunikasi adalah salah satu alasan utama mengapa adanya kegagalan dalam berhubungan karena hubungan sendiri dibentuk dan dipadatkan oleh kepercayaan dan keterbukaan. Masalah dalam hal ini dapat membentuk putusnya hubungan dan jarak antara pasangan di dalam hubungan tersebut, membuka jalan untuk masalah yang lebih besar. Peran sesi konseling ini adalah membantu memulihkan komunikasi, sehingga meningkatkan keintiman sekali lagi. Dimana kedua belah pihak diperbolehkan untuk mengungkapkan pikiran mereka, mengungkapkan pikiran dan perasaan sementara konselor memfasilitasi proses komunikasi yang efektif. Begitu mereka mulai berkomunikasi, Sikap saling dingin secara bertahap akan mencair, sehingga mereka dapat saling memahami dari perspektif baru dengan pendekatan positif akan muncul saat menyelesaikan konflik.


Dealing with Divorce
Perceraian adalah masalah yang lebih rumit daripada putus cinta (breakup). Seorang konselor akan melakukan yang terbaik untuk memastikan pasangan dan keluarga tidak harus melalui hasil perceraian yang menyedihkan. Namun, beberapa pasangan terlalu cepat mengambil jalur perceraian karena melihatnya sebagai solusi yang lebih cepat dan sederhana untuk menghindari masalah yang mereka hadapi dalam hubungan mereka. Apa yang sering gagal mereka pahami adalah bahwa tindakan mereka memicu perselisihan yang berujung pada perceraian. Berbicara dengan konselor dapat mencegah hasil yang memilukan yang memecah keluarga, karena dapat membantu dalam menyelesaikan masalah, sambil memperoleh penyembuhan. Disini, rasa saling mengerti akan dibangun untuk mencegah masalah di masa depan, terutama jika buah hati / anak kita sendiri yang terlibat.

Building Self-Confidence

Jika seseorang tidak memiliki cukup pemahaman dan apreasiasi diri, mereka cenderung tidak akan memahami dan menghargai orang lain, yang menyebabkan pijakan yang buruk dalam hubungannya. Konseling akan membantu setiap orang meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, karena membantu memahami peran dan nilai kita dalam suatu hubungan. Harga diri yang kuat akan membuat pasangan memiliki pandangan yang lebih positif terhadap kehidupan, dan ini meningkatkan kemungkinan hubungan yang langgeng dan berhasil.

Yang perlu diingat adalah kedua belah pihak perlu memberikan waktu dan tenaga untuk memperbaiki hubungan mereka, dan seorang konselor hubungan dapat melakukan keajaiban mengenai aspek ini, dan membantu pasangan menjadi lebih bahagia dan lebih puas seperti sedia kala.

Tentang Dr. Martha Tara Lee - Relationship Counselor

Untuk kamu yang ingin merasakan sesi konseling hubungan, Stellar Women punya rekomendasi nih! Mari kita berkenalan dengan Dr. Martha Tara Lee, seorang relationship counselor bersertifikasi pada konseling, coaching dan sex therapy. Kisah dan motivasi Dr. Martha menjadi seorang konselor hubungan menjadi sangat menarik karena awalnya beliau dikelilingi oleh teman-teman yang terhambat secara seksual dan dilanda oleh kurangnya percakapan positif seputar seks dan seksualitas di Singapura, berlandaskan concern tersebut, Dr. Martha Tara Lee berangkat untuk membuat perbedaan positif dalam memulai gelar doktornya dalam seksualitas manusia sebelum meluncurkan Eros Coaching pada tahun 2009. Hingga saat ini , beliau tetap berdedikasi untuk bekerja dengan individu dan pasangan yang ingin menjalani kehidupan aktualisasi diri dan kesenangan. Untuk Stellars yang ingin mengenalnya lebih jauh, kamu dapat mengunjungi link ini. Dan hubungi Dr. Martha melalui email berikut ini.






222 views0 comments
bottom of page