Rahasia Membangun Bisnis Startup

Pandemi nggak harus menjadi alasan untukmu berhenti berkarya atau membangun bisnis. Banyak cara dan kesempatan untuk menjadi pebisnis online yang sukses. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin membangun bisnis startup, terlebih untuk memulai dan mendapatkan customer setia.



Key #1 - A Great Idea

Ketika kamu bangun tidur dipagi hari terkadang terbesit hal-hal yang bisa kamu lakukan beberapa hari, bahkan tahun kedepan. Tapi itu aja nggak cukup. Kamu harus memikirkan ide dan mempertimbangkan berbagai pendekatan untuk merealisasikannya. Ide yang kamu punya harus kamu rincikan menjadi strategi dan fokus untuk kebutuhan pasar potensialmu. Kamu juga perlu market survey dan mengujinya agar nggak berakhir sia-sia. Kamu bisa menggunakan keyword search tool untuk memperoleh informasi tentang produkmu, berapa banyak orang yang mencari produkmu di internet, dan beberapa hal penting lainnya.


Key #2 - Data

Untuk memeriksa apakah ide bisnismu feasible, kamu perlu mengumpulkan informasi sebanyak dan seakurat mungkin tentang marketplace, niche, dan buying triggers dari calon customermu. Perkembangan teknologi dan informasi membuatmu bisa mendapatkan akses ke statistik dan prediksi industri dengan mudah. No need to rely on your gut anymore!



Key #3 - Online Presence

Setelah punya situs web, jangan sampai kamu biarkan begitu saja. Kamu harus menjaga komunikasi dengan audiensmu untuk menjaga eksistensi brand dan meningkatkan kualitas produk atau layanan. Agar komunikasi efektif, kamu harus punya lebih dari satu platform online; media sosial, blog, situs lain, hingga menaruh iklan untuk meningkatkan brand awareness.

Kamu bisa memanfaatkan iklan PPC (pay per click) dan memastikan konten webmu berada pada standar SEO (search engine optimisation) agar mudah ditemukan customer. No worries, sekarang udah tersedia banyak banget automation tools yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah kamu mempromosikan web dan SEO.


Key #4 - Branding

Cukup banyak wirausaha yang lupa betapa pentingnya branding dan mereka lebih berusaha untuk menyenangkan semua orang. Padahal kamu harus fokus pada orang-orang yang lebih berpotensi untuk membeli produk atau layanan yang kamu sediakan. Dengan berpegang pada pilar brand yang telah kamu bangun, kapanpun klien potensial membutuhkan produk atau layanan yang kamu tawarkan, mereka akan selalu teringat pada brandmu.



Key #5 - A Sales Funnel

Kamu perlu membuat marketing system dan custom sales funnel untuk bisa mengukur hasil dan mencari tau apa yang membuat mereka membeli produk atau layananmu. Dengan sistem ini kamu bisa mengukur berapa banyak dan seperti apa orang yang menjadi pelanggan setelah beberapa kali mengunjungi postingan atau iklan brandmu. Memaksimalkan laba dari investasi pemasaran adalah cara efektif untuk mengurangi on-going costs dan kamu bisa lebih fokus memanfaatkan tools digital marketing technologies.


Ladies, memulai bisnis bukan jaminan untuk menjadi sukses. Kamu perlu bersiap untuk gagal bahkan sebelum kamu memulai. Menurut survey, sekitar 80% bisnis baru berhenti dalam tahun pertama. Agar terus bertahan dan berkembang, kamu perlu menggunakan semua pengetahuan dan tools untuk merealisasikan ide-ide cemerlang yang kamu miliki. Starting your own business is always exciting and a little bit scary at the same time. Kalau kamu mendapatkan dukungan dan pelatihan yang tepat, sangat mungkin kok untuk memiliki bisnis yang sukses!


Recent Posts

See All