top of page
  • Writer's picturestellarw

Pentingnya Self-Love dan Cara Menerapkannya!

Updated: Oct 13, 2021

Sebelum seseorang bisa menerapkan self-love, pertama-pertama kita perlu pahami artinya terlebih dahulu. Pada dasarnya, self-love artinya mecintai diri sendiri, dengan melakukan hal-hal yang positif dan tidak merugikan diri sendiri. Salah satu aspek penting dari self-love adalah mengetahui kelemahan, kelebihan kita dan menerima diri sendiri dengan apa adanya. Ketika kita menerapkan self-love, kita akan merasa lebih percaya diri, mental lebih sehat dan bisa merasa lebih bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.


Arti self-love bisa berbeda-beda bagi setiap orang, karena kita semua memiliki cara yang berbeda untuk merawat dan menjaga diri kita. Mencari tahu seperti apa self-love bagi diri kita sebagai individu adalah hal yang penting untuk bisa memiliki mental yang sehat. Mencintai diri sendiri sering kali dikira egois, padahal hal ini justru salah besar! Nah, apa saja sih hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menerapkan self-love? Yuk simak tips-tips berikut!



  1. Ketahui Self-love Language-mu Mungkin sudah banyak yang familiar dengan teori self-love language. Ini adalah teori mengenai cara seseorang menyatakan atau menunjukkan rasa cintanya kepada diri sendiri dan orang lain. Teori ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda untuk mencintai diri. Bagi yang belum familiar dengan teori ini, ini adalah teori yang diperkenalkan oleh Dr. Gary Chapman yang terbagi menjadi 5 tipe bahasa, yaitu: 1. Words of affirmation (pujian dan kata-kata): Jika kamu suka memuji atau diberikan pujian dan kata-kata memotivasi, kamu masuk ke tipe bahasa cinta words of affirmation. 2. Physical touch (melakukan sentuhan): Jika kamu suka melakukan aktivitas seperti olahraga, pergi ke spa, merawat diri dengan skincare, itu artinya kamu masuk ke tipe bahasa cinta physical touch. 3. Quality time (waktu): Jika kamu suka solo traveling, vacation, melakukan hobi di waktu senggang, kamu masuk ke tipe bahasa cinta quality time. 4. Acts of service (memberikan pelayanan): Jika kamu suka melakukan aktivitas yang membuat hidupmu lebih mudah, seperti bersih-bersih, organizing, planning dan scheduling, itu artinya kamu masuk ke tipe bahasa cinta acts of service. 5. Receiving gifts (mendapatkan hadiah): Jika kamu suka memberikan reward pada diri sendiri, seperti membeli makanan enak atau barang yang kamu suka, itu artinya kamu masuk ke tipe bahasa cinta receiving gifts.

  2. Stop comparing! Membandingkan diri sendiri dengan orang lain adalah salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang sehingga menjadi sulit untuk bisa menerima dan mencintai diri sendiri. Ketika kita membandingkan diri dengan orang lain, secara tidak langsung kita menyakiti diri kita sendiri karena itu artinya kita tidak bisa menerima diri kita dengan baik. Membandingkan diri sendiri juga bisa mempengaruhi mental dan kepecayaan diri kita, lho ladies! Daripada membandingkan, sebaiknya kita ketahui terlebih dulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan kita. Fokus dengan kelebihan yang bisa kita kembangkan, dan fokus pada kekurangan kita yang bisa kita ganti atau kita ubah.

  3. Berteman dengan orang-orang yang memberikan pengaruh baik Memiliki lingkaran pertemanan yang suportif dan positif akan sangat membantu untuk pengembangan diri kita. Kita harus pintar-pintar memilih teman, pilihlah teman yang bisa memotivasimu agar menjadi lebih baik lagi. Disamping itu, kalian bisa berjuang bersama-sama untuk meraih mimpi kalian. Jika kalian merasa sulit untuk mencari teman yang positif dan suportif, kalian juga bisa ikuti komunitas yang sejalan dengan tujuan dan kenginan kalian lho! Salah satunya dalah bergabung dengan komunitas Stellar Women, yaitu komunitas untuk perempuan yang selalu ada untuk mendukung dan membimbing kamu agar bisa menjadi the best version of yourself! Untuk info mengenai community & membership, bisa kunjungi www.stellarw.com/membership ya ladies!

  4. Ikut Webinar & Workshop tentang Self-Love Mengikuti suatu acara seperti seminar, webinar, atau workshop adalah salah satu cara terbaik untuk bisa belajar, sekaligus mencari network! And guess what? You are in luck karena sebentar lagi Stellar Women akan mengadakan The Self-Love Weekend yang akan berlangsung selama 2 hari pada tanggal 5 - 6 Juni 2021. The Self-Love Weekend hadir mengajarkanmu para wanita akan pentingnya Self-Love, dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari mencintai diri sendiri. Acara ini tersedia dalam bentuk webinar dan workshop interaktif, dimana kamu akan dibimbing untuk bisa menjadi lebih percaya diri, belajar menerapkan self-love, healing, dan belajar melalui cerita dan pengalaman para speakers mengenai self-love journey mereka! Seru banget kan? Untuk info lebih lanjut, kalian bisa kunjungi www.stellarw.com/self-love



Jadi, bagaimana Stellars? Sebenarnya menerapkan self-love itu tidak sulit, yang sulit itu ketika kita malas atau tidak mau belajar menerapkannya. Let's love ourselves more, ladies!

479 views0 comments
bottom of page