• StellarW

Pengen Tambah Kreatif? Mudah Banget Kok Caranya!

Updated: Oct 1, 2020


Di masa kini, kreativitas memegang peranan penting karena nggak hanya bisa membuat hidup kita jadi lebih menyenangkan, tapi juga bisa bermanfaat di bidang pekerjaan. Buktinya, saat ini bermunculan banyak profesi baru yang melibatkan skill kreatif seseorang, contohnya content creator. Para content creator yang selama ini kamu lihat di media sosial nggak semata-mata menuangkan hobi atau ketertarikan mereka lewat mem-posting konten secara rutin, lho! Mereka juga perlu menuangkan inisiatif, ide, dan inovasi setiap harinya untuk bisa menghasilkan konten yang menghibur serta menarik perhatian banyak orang. Pengen mengasah kreativitas dalam dirimu juga? Kamu bisa melakukannya dengan cara yang sederhana, kok! Coba ikuti tipsnya di bawah ini, deh!


Menulis Jurnal

Siapa yang suka menulis diary saat kecil dulu? Ternyata menuliskan isi pikiran kita pada sebuah kertas atau jurnal dapat mengasah kreativitas, lho! Dengan menulis jurnal, kamu bisa menuangkan semua ide yang ingin kamu wujudkan, entah itu di bidang pekerjaan ataupun sekadar menyusun rencana bersama orang-orang terdekatmu.


Nggak butuh waktu lama, kamu cukup menyisihkan waktu sekitar 5 menit setiap harinya untuk menuliskan perasaan, rencana kegiatan, atau idemu. Nggak cuma baik untuk membantumu mengevaluasi isi hati dan pikiran, menulis jurnal juga baik untuk mengasah kemampuan berpikir kritismu, lho! Biar lebih mengasyikkan, kamu bisa belajar untuk menulis bullet journal. Berikut ini beberapa video tutorial yang bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam memulai jurnal:



Bergaul Dengan Orang-orang Kreatif

Untuk bisa mengeksplor kreativitas kamu nggak hanya butuh menggali potensi dalam dirimu, tapi juga melihat perspektif dan ide orang lain. Supaya kamu bisa memperoleh insight baru, kamu bisa mengelilingi dirimu dengan orang-orang yang bergerak di bidang kreatif. Nggak harus berinteraksi secara langsung, kamu juga bisa membangun koneksi lewat bergabung dalam komunitas atau kelompok kreatif, atau sekadar mem-follow sosok inspiratif yang ada di media sosial.


Saat kamu sudah terbiasa membangun obrolan dengan mereka yang bergelut di bidang kreatif, kamu pun bisa belajar tentang cara mereka berpikir kreatif. Umumnya, orang-orang yang kreatif memiliki inisiatif dalam mencari solusi dari masalah dan mampu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitar mereka. Mulai sekarang coba deh amati siapa saja sosok kreatif yang bisa jadi inspirasimu di tempat kerja atau lingkungan pertemanan!


Itu dia cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill kreatifmu. Kira-kira kamu sudah pernah mencoba cara di atas belum? Kalau belum, selamat mencoba, ya!

14 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW