• StellarW

Para Leaders Wajib Tau! Ini 4 Strategi Dalam Mengambil Keputusan

Updated: Oct 1, 2020


Sadar ataupun tidak, proses mengambil keputusan dilalui oleh kita setiap harinya. Hal sesederhana menentukan ingin memakai pakaian apa hari ini atau menu masakan apa yang ingin kamu santap hari ini termasuk ke dalam aktivitas decision making, lho! Meski begitu, proses mengambil keputusan sama sekali nggak mudah saat kita mulai memasuki dunia pekerjaan, karena lewat keputusan yang kita ambil, kita nggak hanya perlu memikirkan konsekuensi yang akan kita terima, tetapi juga para rekan kerja bahkan perusahaan tempat kita bekerja. Kalau kamu ingin belajar menjadi leader yang lebih bijak dalam mengambil keputusan, coba ikuti 4 strategi di bawah ini, deh!


Tentukan Tujuan Utama

Hal paling utama yang harus kamu analisa setiap sebelum mengambil keputusan adalah memahami goals yang ingin kamu capai. Bila tujuan akhir dari keputusan yang ingin kamu ambil menyangkut orang lain, kamu perlu melibatkan ide ataupun pendapat dari orang tersebut sebelum mengambil keputusan pribadi. Kalau kamu sudah mengetahui goal yang ingin kamu raih, kamu akan lebih mudah dalam mengesampingkan option yang tidak berkaitan dengan tujuan akhirmu.


Analisa Masalah yang Mungkin Terjadi

Bisa dibilang problems yang kamu hadapi merupakan hambatan utama bagi kamu dalam menentukan pilihan yang paling bijak. Itu kenapa kamu harus menganalisa lebih lanjut tentang masalah atau kemungkinan mana yang dapat menimbulkan kerugian atau resiko paling minim bagi kamu dan pihak yang bersangkutan dengan keputusan kamu nantinya. Untuk memulai, kamu bisa menyusun list berisikan “masalah” dan “solusi” yang dapat memperjelas arahmu dalam mengambil keputusan.


Sampingkan Emosi Saat Ingin Membuat Keputusan

Mendengarkan intuisi saat ingin mengambil keputusan memang sah-sah saja, kok. Tapi, bukan berarti kamu jadi melibatkan emosi yang sedang kamu alami dalam proses decision making, ya! Saat kamu dihadapkan dengan pilihan yang sulit, pastikan bahwa pikiran kamu sudah benar-benar jernih dan hatimu sedang tidak dilanda perasaan dominan, seperti kemarahan atau kesedihan. Kalau kamu merasa masih mencampur adukkan perasaan dengan keputusan yang ingin kamu ambil, kamu sebaiknya menyisihkan waktu sejenak untuk rehat dan menenangkan diri.


Jangan Gegabah

Sekarang kamu sudah mengetahui tujuan akhir, masalah, serta cara untuk berpikir rasional saat ingin menentukan pilihan. Eitss, jangan buru-buru memutuskan dulu, ya! Selama kamu diberi kesempatan untuk memikirkan keputusanmu secara matang, pakailah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Sisihkan waktu sendirian untuk merenungi pilihan yang ingin kamu ambil dan bertanya pada dirimu apakah keputusan ini adalah yang paling bijak bagimu dan semua orang yang bergantung padamu.


Bila kamu sudah mengikuti 4 strategi di atas, kamu bisa mulai mengambil keputusan. Pelajari strategi ini terus-menerus supaya kemampuanmu dalam menentukan pilihan sebagai leader dapat semakin terasah, ya!

  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW