top of page
  • Writer's picturestellarw

Pandemi = Eskalasi Strategi Marketing Bisnismu!

Seiring berjalannya waktu, lebih dari 1 tahun telah kita lewati menghadapi pandemi COVID-19 ini, banyak dari kita yang mengalami hal-hal yang tidak bisa dihindari, seperti para pelaku bisnis yang mengalami penurunan total penjualan sampai ke para pekerja yang kehilangan pekerjaannya dan harus mencari sumber pendapatan baru. Hal ini tentunya mendorong semangat kita untuk berinovasi dan memutar otak untuk mencari jalan keluar dari masalah ini. Mungkin dengan mulai membuka bisnis kecil-kecilan baru, inovasi produk, sampai ke cara-cara yang mungkin tidak terpikirkan jika pandemi ini tidak terjadi. Untuk Stellars, yang sama-sama sedang berjuang, artikel ini adalah untuk kamu! Disini kita akan mengulik strategi pemasaran jitu pandemic edition check!


1. Storytelling is the Key to Success

Ketika melakukan promosi / pemasaran produk yang kamu jual, kamu harus dapat membuat produk tersebut menjadi solusi untuk masalah konsumen kamu. Di masa pandemi ini, banyak pihak yang terkena dampaknya. Hal ini tentu membuat masyarakat menjadi simpati dan mulai melakukan amal baik melalui kegiatan sosial, penggalangan dana, dan lain-lain. Dari kondisi tersebut, kita dapat mengambil pelajarannya bahwa masyarakat selama pandemi ini hatinya menjadi lebih mudah tergerak. Dan kita sebagai pelaku bisnis dapat mendekati konsumen kita melalui cerita yang membuat customer merasa relatable dan merasakan emosi melalui konten-konten atau kampanye yang kita bawakan melalui promosi produk yang dilakukan. Seperti dengan membuat cerita menjalankan bisnis selama pandemi, kesulitan dan kendalanya, atau dengan membuat penggalangan dana yang menyumbangkan sebagian keuntungan untuk pihak yang terdampak COVID-19. Tanamkan dalam pikiran kamu bahwa kita bersama-sama sedang berjuang melawan pandemi ini, mari saling mendukung dan berbagi cerita!


source: unsplash.com

2. Jalin Hubungan dengan Sahabat Online Kita

Selain melalui cerita hidup yang relatable, kita juga harus menjalin hubungan baik dengan customer yang merupakan sahabat online kita. Bagaimana caranya? Mudah sekali, kamu hanya perlu mengingat dan melakukan 3 hal ini:

  • Aktif berinteraksi dengan audiens pada sosial media seperti dengan membalas DM / pesan yang masuk secepatnya, membuat konten-konten yang mengundang audiens untuk berpartisipasi, seperti talkshow, webinar, giveaway, live session, dan lain-lain.

  • Ajak mereka terlibat dalam marketing campaign dan segala aktivitas yang akan bisnis kamu lakukan seperti dengan membuat konten-konten interaktif berupa pertanyaan, ajakan untuk sharing dan bercerita, call to action, ataupun membuat postingan yang didedikasikan untuk customer-mu.

  • Bukan soal kuantitas, tapi kualitas, ketika melakukan kampanye pemasaran, kamu harus selalu mengingat bahwa yang terpenting bukanlah jumlah followers / likes pada postingan kamu. Tetapi selalu ingat bahwa yang terpenting adalah dampak yang kamu berikan kepada audiens kamu. Dengan memiliki mindset seperti itu, followers & likers akan datang dengan sendirinya.

3. Jeli Melihat Peluang

Di masa yang tak terduga ini, kita sebagai pelaku bisnis dituntut untuk selalu fokus pada tujuan. Kita harus dapat berpikir kreatif, adaptif, dan inovatif dalam menyikapi pandemi ini. Salah satu hal yang harus ditekankan adalah jeli dalam melihat peluang bisnis yang ada, seperti peluang kolaborasi, peluang memperluas pasar baru, peluang menekan cost, dan lain-lain. Dan ketika kamu telah menemukan peluang tersebut, gunakanlah peluang yang ada secara maksimal supaya dapat bertahan atau bahkan berkembang di masa pandemi.


source: unsplash.com

4. Consistency is Everything

Hal terpenting yang harus diingat adalah konsistensi. Ingat bahwa konsistensi adalah pondasi untuk segala perjuangan bisnismu! Sebagai pemilik brand, kita lahir dan berkembang dari value dan tujuan yang kita bawa. Untuk perkembangan yang terus kontinu, kita harus selalu menunjukkan konsistensi tersebut, bukan hanya dari segi brand image / citra perusahaan juga, tetapi juga dari segi frekuensi. Seberapa sering kamu berinteraksi dengan pasar kamu, seberapa ramah kamu ketika membalas pesan dari konsumen kamu, dan lain-lain. Karena, pada akhirnya konsistensi yang akan membawa bisnis kamu tetap bertahan dan berkembang.


source: unsplash.com

Sudah siap untuk membangun strategi marketing andalan untuk bisnis kamu? Tunggu apa lagi? Kami tunggu cerita inspiratifmu, Stellars! Semoga konten ini bermanfaat, see you next time!


57 views1 comment

1 Comment


Chyntia Elsinta- Kids Krafter ID
Chyntia Elsinta- Kids Krafter ID
Jul 21, 2021

Selain aktif, jeli dan juga care yang terpenting semua dilakukan dengan konsisten yah..Semangat selalu all stellars Entrepreneur!☺️

Like
bottom of page