7 buku yang wajib kamu baca

Updated: Sep 30, 2020


Ada pepatah yang menggambarkan buku adalah jendela dunia. Melalui setiap kata, kalimat, paragraf dalam buku dapat membuat pikiran kita terbuka dan mengasah imajinasi kita menjadi lebih tajam. Selain itu dengan seringnya membaca buku wawasan kita pun menjadi luas. Pada saat kita membaca otak kita menyerap berbagai informasi dan menyatukan informasi itu menjadi sebuah konsep atau pengetahuan baru.

Stupid people don’t learn from mistakes, smart people learn from mistakes, and wise people learn from other people’s mistakes” - Eleanor Roosevelt."

Berikut ini adalah rekomendasi 7 buku yang wajib kamu baca di waktu senggangmu:


1. To Kill a Mockingbird - Harper Lee


“I think there's just one kind of folks. Folks.” - Jean Louise ‘Scout’ Finch


Buku ini mengisahkan seorang pengacara asal Amerika yang membela seorang laki-laki berkulit hitam. Buku ini ditulis dalam sudut pandang anak perempuan sang pengacara yang baru saja berusia 8 tahun. Melalui buku ini kita bisa tahu bagaimana jalan pikiran dan pendapat seorang anak perempuan tentang ‘humanity’ dan banyak pelajaran positif yang dapat kita ambil.


2. Habis Gelap Terbitlah Terang - R.A. Kartini


"Cita cita itu ialah memperindah martabat manusia, memuliakannya, mendekatkan pada Kesempurnaan." - R.A. Kartini


R.A. Kartini adalah salah satu pahlawan perempuan nasional Indonesia. Di usianya yang masih terbilang muda, Kartini merupakan sosok yang memiliki pemikiran kritis, ia sudah memiliki pandangan yang modern, dan berorientasi pada masa depan, terutama memperjuangkan hak-hak perempuan di akhir abad ke-20.


Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kutipan “Habis Gelap Terbitlah Terang”, kalimat ini merupakan kumpulan dari surat-surat yang ditulis oleh Kartini sepanjang hidupnya. dijamin kamu akan terkesima dengan pikiran-pikiran Kartini yang sudah jauh modern, meskipun hidup di era yang masih konservatif.


3. Sapiens: A Brief History of Humankind - Yuval Noah Harari


“You could never convince a monkey to give you a banana by promising him limitless bananas after death in monkey heaven.” - Yuval Noah Harari.


Membaca tentang sains sangat diperlukan, dan buku ini adalah salah satu pilihan yang terbaik! Dengan bahasa dan analogi yang mudah dimengerti, Harari mengajak pembaca untuk mengeksplor makhluk bernama Homo Sapiens. Mengapa manusia menjadi penguasa bumi? Apa yang membuat manusia begitu spesial? Semua jawaban ada di dalam buku ini. Penasaran kan? Yuk langsung hunting buku ini.


4. 7 Habits of Highly Effective People - Stephen R. Covey


“Service is the rent we pay for the privilege of living in this Earth” - Stephen R. Covey


Buku ini berisi kumpulan artikel-artikel tentang perkembangan diri. Kamu bisa menemukan berbagai tips-tips seputaran hidup yang mencakup berbagai aspek karir dan pekerjaan, keluarga, pertemanan, spiritual dan masih banyak lagi.


5. First, Break All the Rules: What the World’s Greatest Managers Do Differently - Marcus Buckingham & Curt Coffman


“People don't change that much. Instead of trying to put in what God left out, try drawing out what God left in!” - Curt Coffman


Buku ini berisikan kebiasaan-kebiasaan baik para manajer dalam mengatur subordinate nya. Penelitian yang dilakukan untuk membongkar rahasia para manajer sangat bermanfaat bagi pembaca. Kamu tau gak sih kalau penulis dari buku ini telah melakukan survey kepada 80.000 manajer dalam 400 perusahaan selama 25 tahun!


6. Rich Dad Poor Dad -- Robert T. Kiyosaki & Sharon Lechter

“The single most powerful asset we all have is our mind. If it is trained well, it can create enormous wealth in what seems to be an instant.” - Robert T. Kiyosaki


Siapa sih yang gak tau buku yang satu ini. Buku ini mengulas semua tentang masalah finansial. Dalam buku ini Kiyosaki menggunakan analogi 2 ayah yang kaya dan miskin dan menjelaskan kenapa seseorang bisa menjadi kaya ataupun miskin. Buku ini mengajarkan dasar-dasar literasi keuangan dan menunjukkan bagaimana caranya untuk kamu dapat mengatur keuangan dengan baik.


7. Sophie’s World -- Jostein Gaarder

“Life is both sad and solemn. We are led into a wonderful world, we meet one another here, greet each other - and wander together for a brief moment. Then we lose each other and disappear as suddenly and unreasonably as we arrived.” - Jostein Gaarder


Tidak ada salahnya mempelajari filosofi. Jika kamu merasa hilang, sedih, bingung, bahkan depresi, kamu harus kembali ke akar atau mencari filosofi agar kembali tenang.


Sophie’s Worlds merupakan gerbang awal untuk lebih mengenal dunia filosofi. Dalam buku ini, Sophie Amunsend yang merupakan tokoh protagonis utama mengenalkan kita kepada para filsuf dunia seperti Socrates, Immanuel Kant, hingga Jean-Paul Sartre.


Pengarang buku ini juga mengarang buku untuk anak-anak, sehingga setiap konsep dan penjelasan yang ada di dalam buku ini mudah untuk dimengerti.


Apa salah satu diantara 7 buku tersebut ada yang sudah pernah kamu baca? Kalau belum yuk langsung cek, untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.


27 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW