No More Gender Pay Gap, Be Your Own GirlBoss!

Ladies, kamu tau enggak kalau di Indonesia kesenjangan antara gaji perempuan dan laki-laki masih besar dan kian melebar? Yuk, kembangkan dirimu sendiri dan bekerjalah bersama perempuan lainnya untuk menghasilkan pendapatan sesuai keinginanmu and be your own boss!




Berikut adalah fakta-fakta seputar isu gender pay gap:


1. Wanita berpenghasilan lebih rendah daripada pria di tempat kerja. Diperlukan waktu 202 tahun bagi wanita untuk menghasilkan sebanyak pria menurut data 2018 dari World Economic Forum.


2. Penelitian tentang kesenjangan upah berdasarkan gender di Indonesia menunjukkan bahwa semakin dewasa perempuan dan mendapatkan pengalaman kerja, mereka mendapatkan penghasilan yang sama atau bahkan lebih dari rekan laki-laki mereka.


3. Seiring bertambahnya usia perempuan, kesenjangan gaji antara laki-laki dan perempuan menjadi lebih sempit. Ini menunjukkan bahwa begitu seorang wanita mencapai level manajerial, untuk mendapatkan penghasilan yang sama dengan pria.Namun, banyak wanita tidak menaiki tangga karirnya karena mereka merasa perlu menyeimbangkan pekerjaan dan pengasuhan anak.


4. Kesenjangan gaji cenderung lebih lebar di antara pekerja yang lebih muda, terutama di antara mereka yang menganggur. Ini juga lebih besar di antara pekerja sektor publik daripada pekerja di sektor swasta.


5. Asumsi budaya bahwa laki-laki adalah pencari nafkah, sedangkan perempuan mengurus rumah tangga, masih sangat kental dalam masyarakat Indonesia. Akibatnya, ketika perempuan bekerja, posisi mereka dianggap hanya sebagai pencari nafkah 'tambahan'.


Solusi yang dapat diberikan oleh pembuat kebijakan salah satunya adalah berbagi informasi dan awareness dengan berbagai perusahaan tentang bagaimana cara menangani kesetaraan gender, dan memastikan bahwa kebijakan tersebut adalah kebijakan yang efektif dan tidak merugikan pihak lain. Pemerintah dapat berkontribusi dalam mempercepat proses perubahan itu dengan berbagi pengetahuan tentang dampak positif kesetaraan gender pada manajemen perusahaan dan karyawan. Prosesnya bisa dipercepat dengan berbagai cara, salah satunya adalah penyebaran informasi dengan bantuan media. Jika awareness tentang kesetaraan gender sudah meningkat, akan banyak perusahaan yang akan menerapkannya, dan akan banyak dampak positif juga untuk masyarakat khususnya perempuan. Lingkungan pekerjaan yang memiliki kesetaraan gender juga akan memiliki hasil yang lebih baik dan lebih produktif lho! Jadi gaada salahnya kan kalau meningkatkan awareness tentang Gender Pay Gap?


21 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW