• StellarW

Mau Memulai Bisnis Sendiri? Pelajari Dulu 5 Skills Ini!


Menjadi entrepreneur memang kelihatannya menyenangkan karena kita memiliki kendali untuk mengatur konsep serta proses bisnis yang akan kita jalani. Tapi dibalik itu semua, terdapat banyak sekali tantangan yang perlu dilalui oleh seorang entrepreneur, mulai dari tahap merencanakan bisnis, menjalankannya, sampai mengembangkannya menjadi lebih baik lagi di masa yang akan datang. Mengasah skills bisa dijadikan langkah awal bagi kamu yang ingin menekuni bidang bisnis. Simak 5 skills yang penting untuk kamu kuasai sebagai seorang entrepreneur, yuk!


Sales

Saat ingin berbisnis, apa tujuan paling dasar yang ingin kamu capai sebagai seorang entrepreneur? Kalau keinginan utamamu adalah agar produk atau jasamu dikenal oleh banyak orang, keterampilan berjualanmu penting banget untuk didalami. Secara sederhana, sales dipandang sebagai ‘pintu’ peluang yang mampu mengundang perhatian para calon konsumen.


First impression is important, karena itu kamu harus mempromosikan bisnis milikmu secara jelas dan inovatif agar pesan yang ingin kamu sampaikan lewat brand-mu bisa diterima oleh target konsumen. Pertama-tama, kamu harus membangun kepercayaan diri dan sikap optimis bahwa “I am capable of marketing myself”. Saat kamu yakin dengan kata-kata yang kamu perdengarkan pada dirimu sendiri, kamu akan memiliki keberanian untuk mengajak orang lain.


Accounting

Suka ataupun tidak, kemampuan accounting juga nggak kalah pentingnya untuk ditekuni saat kamu ingin memulai karier sebagai entrepreneur. Nggak bisa dipungkiri, angka memang kadang memusingkan buat sebagian orang, tapi perencanaan keuangan sama sekali tak boleh luput dari sebuah proses bisnis.


Kamu nggak perlu menjadi ahli keuangan atau akuntan terlebih dulu untuk bisa menguasai accounting skills, kok! Sekalipun kamu membayar orang lain untuk mengatur keuangan perusahaan, kamu perlu memahami sejumlah hal yang berkaitan dengan pemasukan dan pengeluaran dalam bisnis. Psst, jangan sampai kamu lalai dan malah mengalami kerugian karena mengabaikan hal ini, lho!


Time & Project Management

Kemampuan lainnya yang juga krusial untuk dikuasai oleh seorang entrepreneur ialah time & project management. Kemampuan yang satu ini bisa membantu kamu lebih telaten dalam mengatur rencana bisnis secara keseluruhan, mulai dari working timeline, budgeting, dan hal-hal lainnya yang membutuhkan planning.


Bila kamu bisa mengatur manajemen bisnismu secara baik, kamu bisa mengevaluasi proses bisnis yang sedang kamu jalani. Entah itu berkaitan dengan feedback dari konsumen, proses kerja dari para karyawan, sampai project-project potensial yang bisa kamu kembangkan seiring bisnismu berjalan.


Relationship Building & Negotiating

Untuk bisa menjadi seorang entrepreneur yang sukses, kamu nggak mungkin bekerja sendiri. Sekalipun kamu adalah sosok yang multitasking, kamu tetap membutuhkan bantuan dan ide dari orang lain untuk bisa berkembang. Hubungan yang dimaksud termasuk hubungan antara kamu dengan konsumen, rekan bisnis, dan orang-orang lainnya yang bergerak di bidang yang sama dengan kamu.


Nggak hanya baik untuk memperluas networking, relationship building & negotiation skills juga menjadi kunci dalam membangun kepercayaan mereka yang terlibat dalam bisnismu. Dengan begitu, bisnismu akan lebih bisa dikenal luas.


Decision Making

Saat bisnismu dilanda masalah, siapa yang paling bertanggung jawab menentukan keputusan atau langkah yang perlu diambil oleh perusahaan? Tentunya kamu! Itu mengapa decision making jadi skills yang nggak boleh kamu lupakan sebagai seorang entrepreneur. Skills ini bisa membentukmu menjadi sosok yang tegas dan bijaksana, karena dalam penerapannya kamu harus bisa menimbang kemungkinan terbaik dan terburuk yang dapat menimpa bisnismu.


Untuk bisa mengasahnya, kamu perlu belajar dari pengalaman yang kamu alami selama menjalani bisnis. Percaya, deh, kalau kemampuan mengambil keputusanmu sudah mumpuni, kamu akan lebih bisa melihat peluang di setiap tekanan!


Di antara skills di atas, mana yang masih perlu kamu dalami untuk bisa memulai bisnis sendiri, nih?

7 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW