Kurangi Waktu Screen Time dan Jadilah Wanita yang Aktif!






Jaman sekarang semakin banyak orang yang menjadi kecanduan bermain gadget. Dimulai dari orang dewasa atau anak-anak, baik saat dirumah atau di berpesta diluar rumah, mengecek gadget sudah menjadi suatu rutinitas yang sulit banget untuk dihindari. Tapi, terlalu banyak menghabiskan waktu dengan gadget juga tidak sehat loh! Maka dari itu, penting banget untuk bisa mengatur waktu untuk screen time. Waktu yang kamu habiskan didepan layar bisa diubah perlahan-lahan dengan melakukan aktivitas yang lebih aktif secara fisik loh!


Berikut hal-hal yang kamu bisa lakukan saat sedang “off-gadgetCheck it out ladies!

Berbincang dengan keluarga

Jelaskan kepada anak dan keluarga bahwa penting untuk mengurangi duduk dan bermain gadget dan bergerak lebih banyak agar sehat. Pakar kesehatan menyarankan tidak lebih dari dua jam waktu komputer atau TV kecuali menyangkut pekerjaan atau pekerjaan rumah. Untuk ibu, meluangkan waktu bersama keluarga bisa menjadi quality time yang baik untuk menyegarkan diri dari kesibukan.





Tetaplah aktif saat screen-time

Saat kamu menghabiskan waktu didepan layar, lakukan sesuatu yang aktif seperti sambil treadmill atau melakukan lompatan ringan saat jeda iklan. Melakukan kebiasaan yang baik pada dirimu akan memberikan contoh kebiasaan yang baik juga untuk anak-anak dan keluarga!


Fokus pada family time saat makan bersama

Makan bersama keluarga adalah waktu yang tepat untuk berbicara satu sama lain. Jadi, matikan TV saat makan. Lebih baik lagi, jika kamu memiliki TV di area makan kamu, matikan dulu. Luangkan waktu sebentar dan buatlah prioritas untuk makan bersama dan memiliki perbincangan yang menyenangkan bersama keluarga setiap harinya.



Buatlah kamar tidurmu screen-free

Hindari memberikan TV maupun komputer di kamar tidurmu, Ketika memiliki TV di kamar kita cenderung menonton lebih dari 1,5 jam. Selain itu, memiliki TV di kamar tidur bisa mengurangi waktumu bersama anggota keluarga lainnya. Selain itu, cobalah untuk menghindari membuka pekerjaan di kamarmu melalui komputer, laptop, tab, maupun handphone di kamar dan mulailah meluangkan waktu agar kamu bisa beristirahat dengan baik.


Cari aktivitas yang baru!

Menonton TV bisa menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihindari, sehingga seringkali mudah melupakan hal lain yang lebih penting. Kamu bisa mencari aktivitas baru yang bisa dilakukan bersama keluarga dan temanmu, seperti bermain di luar, melakukan hobi baru, memasak makan siang bersama, atau berkebun di teras.





Jadi bagaimana Ladies? Mengurangi waktu “Screen Time” tidak sesulit itu bukan? Jika memang tidak mendesak dan penting, Yuk, mulai kurangi pemakaian gadget dan waktu kamu di depan layar! Jangan lupa untuk prioritaskan kesehatanmu ya, ladies!


22 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW