top of page
  • Writer's picturestellarw

Kiat-Kiat Sukses untuk Meningkatkan Produktivitas!

Updated: Oct 13, 2021

Ngerasa ga produktif selama Work From Home ini? Mau mengembangkan diri tapi bingung harus ngapain? Well.. post ini didedikasikan untuk kamu! Stellar Women kali ini pengen berbagi kiat sukses nih untuk meningkatkan produktivitas. Udah penasaran banget kan? Pastinya! Eits..tapi sebelum kita ke caranya, kita perlu mengerti dulu soal fundamentalnya.

(Source: unsplash.com)

Jadi, dasar dari produktivitas ini adalah tujuan & prioritas (Purpose + Priority = Productivity). Maksudnya adalah ketika kamu memprioritaskan suatu hal yang menjadi tujuan kamu, kamu akan menjadi produktif untuk hal tersebut. Sebelum memulai melakukan langkah-langkahnya pun, kita juga harus menanamkan tujuan kamu untuk melakukan hal tersebut & prioritas untuk melakukan hal tersebut terlebih dahulu. Nah, setelah sudah mencoba menanamkan dasarnya, sekarang kita ke caranya mengimplementasikan rumus tersebut. Ada 3 langkah untuk hidup produktif, yaitu:


1. Live by Purpose

P pertama yang harus diketahui adalah purpose, mengetahui tujuan hidup kamu sebenarnya. Mulailah dengan bertanya “Mengapa?”, seperti yang ditekankan oleh Simon Sinek, bahwa kita harus starts with why?Cara mengetahui alasan utama kamu menjalani hidup ini dapat ddicari melalui salah satu resep untuk kehidupan berbahagia dari orang-orang Jepang, yang biasa disebut ikigai.

(Source: Dreamtime)

Pada filosofi hidup ini, kita diminta untuk berfokus kepada pertanyaan “Apakah SATU hal yang bisa saya lakukan, dan ketika hal tersebut saya lakukan, semua hal lain akan menjadi lebih mudah?” Jadi, maksud dari pertanyaan ini adalah kita haurs melihat pada gambaran yang lebih luas dengan melakukan 1 hal kecil tetapi sangat krusial untuk dilakukan. Sudah mengetahui SATU hal tersebut?


2. Live by Priority

Selanjutnya, ketika kamu telah megetahui SATU hal tersebut, saatnya kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu menentukan prioritas. Dalam menentukan prioritas kamu ini, kamu ddapat memulainya dengan melakukan Goal Setting mulai dari tujuan / mimpi terbesar di dalam hidup kamu, lalu di-break down menjadi bagian-bagian yang lebih kecil lagi seperti 5-year goal, 1-year goal, sampai right now. Ketika sudah melakukannya secara detail, maka akan terbentuk suatu efek domino yang akan membuat kamu bisa satu demi satu menjatuhkan domino yang lebih besar kedepannya. Artinya, dengan terus menjalankan hidup berbasis tujuan, arah, serta usaha, maka kamu akan mencapai ke tujuan hidup kamu yang lebih besar dan besar lagi.

(Source:unsplash.com)

3. Live by Productivity

Dan terakhir adalah dengan hidup produktif untuk mencapai tujuan kehidupan. Bagaimanakah caranya? Cara termudah yang dapat kamu lakukan adalah dengan membuat time blocking. Apa sih itu? Time blocking adalah salah satu metode manajemen waktu yang dilakukan dengan membagi waktu yang kamu miliki menjadi berbagai “blok” kecil. Metode ini akanmemastikan kamu memiliki waktu untuk setiap hal-hal yang harus kamu kerjakan dan lakukan. Kamu juga bisa mengatur jadwal yang kamu miliki agar tidak saling bertabrakan. Masih bingung? Yuk, lihat salah satu contohnya!

(Source:todoist.com)

Sudah dapat gambaran kan? Nah, pada dasarnya, dalam melakukan time blocking, kamu harus melakukan time blocking pada 3 hal utama yaitu, waktu kosong kamu (time off) untuk kamu melakukan istirahat, refreshing, dan hal-hal yang sifatnya tidak wajib untuk dilakukan. Yang kedua adalah time blocking untuk melakukan hal yang membawa kamu menuju SATU hal tersebut / membawa kamu ke tujuan hidup kamu. Dan yang ketiga adalah dengan melakukan time blocking untuk kamu melakukan perencanaan (planning time) untuk hari selanjutnya.


Sudah siap untuk menjalani hari dengan lebih produktif lagi? Yuk, sama-sama kita implementasikan tips-tips ini! Semoga bermanfaat, Stellars!


51 views0 comments

Comentarios


bottom of page