top of page
  • Writer's picturestellarw

Kerjaan Numpuk, Coba Strategi Cost-Benefit Untuk Bantu Time Management-mu

Saat kerjaan banyak dan numpuk, pernah gak kamu mikir begini “Mending beresin Kerjaan A atau beresin Kerjaan B duluan ya?”


Kalau kamu pernah berpikiran seperti itu, artinya kamu sedang mempertimbangkan Cost-Benefit. Nah, konsep Cost-Benefit ini ternyata bisa membantu kamu mengatur time-management lebih baik lho!


Konsep ini diterapkan oleh Miracle Sitompul, seorang youtuber dan content creator yang terkenal dengan konten edukasi dan strategi belajar.


Simak di bawah ini mengenai pentingnya strategi Cost-Benefit dan cara menerapkannya untuk mengatur time managementmu yaa :

Kerjaan Menumpuk Atur Time Management
Sumber: Freepik

KENAPA KONSEP COST-BENEFIT BISA MEMBANTU TIME-MANAGEMENT?


Banyak orang lebih terbiasa mengatur time-management dengan mendahulukan pekerjaan yang lebih mendesak. Sayangnya, strategi ini justru bisa bikin kamu melewatkan kesempatan mengerjakan hal lain yang lebih bermanfaat. Gak mau rugi kaya gitu kan?


So, ini saatnya kamu menerapkan strategi Cost-Benefit. Dengan strategi ini, kamu bisa mengerjakan seluruh pekerjaan, namun tetap menaruh prioritas mendahulukan pekerjaan yang lebih berguna untuk kamu.


Lebih menguntungkan dan tidak ada waktu yang sia-sia terbuang, kan? Yuk, simak cara menerapkan startegi ini!


1. BUAT TABEL SEDERHANA COST-BENEFIT


Buatlah tabel seperti di bawah ini dan tuliskan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Lalu, tentukan poin-poin yang masuk ke dalam kategori Cost & Benefit dan berikan nilai pada setiap poin tersebut.


Ingat! Cost adalah hal-hal yang harus kamu korbankan saat mengerjakan sesuatu, sedangkan Benefit adalah hal-hal yang akan kamu dapat setelah beres mengerjakan sesuatu.

2. HITUNG NILAI TOTAL COST DAN BENEFIT DI DALAM TABEL


Terakhir, jumlahkan masing-masing kategori Cost & Benefit dan gunakan rumus: Benefit - Cost.


Setelah hasilnya keluar, kamu bisa melihat mana nilai total yang paling tinggi dan mana nilai total yang lebih rendah.



Nah, pekerjaan bernilai paling tinggi adalah pekerjaan yang menghasilkan benefit lebih banyak untuk kamu!


So, prioritaskan untuk mendahulukan pekerjaan dengan nilai yang lebih tinggi, sehingga kamu tetap bisa membereskan semua pekerjaan dan mendapatkan benefit yang maksimal dari semua pekerjaan tersebut.


NOTES FROM STELLARS!


Itu dia cara menerapkan strategi Cost-Benefit supaya kamu gak keteteran lagi saat kerjaan menumpuk. Kamu juga bisa nonton video lengkap dari Miracle Sitompul mengenai strategi Cost-Benefit ini!


(GG


95 views0 comments

Comentários


bottom of page