Kepemimpinan Introvert & Extrovert: Mana yang Lebih Baik?

Introvert dan Extrovert, mana yang lebih baik? Seringkali hal ini menjadi perdebatan, walaupun sebenarnya sudah ada banyak bukti yang menunjukkan bahwa kedua tipe kepribadian tersebut bisa menjadi pemimpin yang hebat lho! Seorang yang ekstrovert mungkin mahir dalam memotivasi jenis karyawan tertentu, tetapi seorang introvert sering kali memiliki planning skill yang sangat baik.

Jika kamu ingin menjadi seorang pemimpin, kamu membutuhkan kedua skill tersebut. Dengan mengetahui tipe kepribadianmu, kamu bisa mengidentifikasi skill mana yang mungkin perlu diperbaiki, dan di bagian mana yang sudah menjadi keunggulanmu.



Jika kamu seorang introvert, kamu perlu memiliki waktu sendiri untuk memulihkan tenaga setelah dikelilingi banyak orang dan bersosialisasi dengan banyak orang. Seringkali kamu dianggap pemalu atau pendiam, dan kamu lebih memilih untuk bekerja sendiri atau hanya dengan orang-orang yang membuatmu nyaman. Sebagai introvert, kamu lebih mahir dalam hal-hal perencanaan dan kamu sangat menghargai tujuan jangka panjang, dengan begitu, akan sangat mudah bagi kamu untuk tetap fokus pada satu tujuan. Kamu juga memiliki kecenderungan untuk menjadi pendengar yang baik, hal ini akan sangat membantu kamu mengumpulkan ide dari berbagai anggota tim, dan mengetahui keresahan yang dialami tim kamu. Selain itu, kamu juga pandai mengelola karyawan dan kamu juga bisa lebih mudah untuk menghargai perbedaan pendapat.

Ketika seorang introvert dihadapkan pada suatu krisis, kamu sering kali tenang dan terkendali. Biasanya memutuskan untuk berpikir dulu baru kemudian berbicara, yang sering kali membuat opini kamu lebih berharga. Kemungkinan besar, kamu juga adalah seorang penulis yang hebat lho!



Jika kamu seorang ekstrovert, kamu merasa lebih bersemangat ketika dikelilingi banyak orang, menghadiri pesta dan kolaborasi kelompok membuat kamu sangat bersemangat. Banyak orang mungkin menyebutmu seseorang yang ramah, dan kemungkinan besar kamu bisa memulai percakapan dengan hampir semua orang. Jika kamu adalah seorang pemimpin yang ekstrovert, kamu bisa menginspirasi orang dengan visimu, dan kamu cenderung memiliki skill pidato yang sangat bagus! Karena kemampuanmu yang sangat mudah berhubungan dengan orang lain, kamu cenderung memiliki jaringan teman dan kenalan yang luas yang dapat membantu menambah banyak peluang untuk karirmu.



Seseorang yang Introvert dan ekstrovert dapat mempengaruhi caramu berhubungan dengan karyawan lain, tetapi kepemimpinan yang baik mengharuskan kamu untuk mampu mengelola berbagai jenis kepribadian yang berbeda-beda. Itulah mengapa kamu membutuhkan kecerdasan emosional untuk membaca situasi dan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk memotivasi orang yang berbeda juga. Kamu juga perlu memahami kelemahan kepemimpinanmu sendiri dan bekerja untuk memperkuat keterampilan tersebut.


Pemimpin yang baik menunjukkan kejujuran dan cepat mengakui kekurangan dan kesalahan mereka sendiri. Mereka juga bersemangat dengan apa yang mereka lakukan dan optimis saat dihadapkan pada tantangan. Pemimpin yang sukses juga harus bisa menggunakan kreativitas dan intuisi mereka sendiri untuk membantu mengarahkan tim ke arah yang baru dan penuh dengan inovasi. Secara keseluruhan, pemimpin harus tegas, bisa memperlakukan tim dan pekerja dengan adil, dan cukup berani untuk menghindari keputusan bisnis karena rasa takut.

Recent Posts

See All