• StellarW

Kelola Keuangan di Masa Pandemi Dengan 3 Cara Ini!


Coba hitung-hitung lagi biaya yang kamu keluarkan selama pandemi. Apakah kamu jadi lebih hemat atau justru boros? Kalau ternyata kamu jadi lebih konsumtif selama pandemi, kamu wajib mengelola keuanganmu, nih! Mengatur keuangan terlebih di masa pandemi sangatlah penting, karena kita tidak akan pernah tau kapan pastinya pandemi berakhir. Jangan sampai kamu kalap dan malah lupa untuk memiliki uang simpanan di saat krisis melanda. Ikuti 3 tips mengelola keuangan di bawah ini supaya kamu bisa mengatur pengeluaranmu di masa pandemi, yuk!


Periksa Budget yang Kamu Punya

Sekalipun kamu masih memiliki pekerjaan tetap dan tidak mengalami pengurangan gaji, bukan berarti kamu nggak perlu mengelola keuangan selama pandemi. Di masa-masa penuh keterbatasan ini, kamu perlu meninjau ulang budget yang kamu miliki, misalnya untuk memotong biaya yang tidak begitu penting atau menyisihkan uang untuk ditabung setiap bulannya.


Kamu yang sudah jarang pergi hangout bersama sahabat atau nge-date bersama pasangan di luar rumah seharusnya bisa mengelompokkan keuangan berdasarkan kebutuhan tertentu. Di luar dari uang yang dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, kamu bisa menyisihkan uang untuk hal yang positif, seperti mendonasikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan, khususnya masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19 ini. It's a perfect start to spend your money wisely!


Sisihkan Uang untuk Tabungan Darurat

Setelah kamu berhasil memotong biaya yang tidak diperlukan dan menyisihkan uang untuk ditabung, kamu bisa mulai mengalokasikan sejumlah tabunganmu untuk keadaan tak terduga di masa depan. Well, kita nggak akan pernah tau kebutuhan darurat apa saja yang memaksa kita untuk mengeluarkan uang, bisa jadi kita perlu mengeluarkan biaya untuk pengobatan, perbaikan rumah, atau hal tak terencana lainnya.


Di masa pandemi sendiri, banyak pihak yang terdampak di bidang ekonomi akibat berhentinya sejumlah aktivitas. Meski kini sudah memasuki masa New Normal, kamu nggak boleh lupa kalau pandemi masih berlangsung dan resiko keuangan tak terduga masih dapat terjadi sewaktu-waktu. So, emergency saving is essential!


Waspada Penipuan

Di masa pandemi seperti sekarang, rasa khawatir tentu membayangi banyak orang, termasuk dalam hal keuangan. Tak sedikit pihak-pihak tak bertanggung jawab yang memanfaatkan keadaan ini untuk menarik keuntungan dari orang lain.


Beberapa bentuk penipuan yang mungkin terjadi di masa pandemi dapat berupa penawaran produk tes kesehatan dengan harga murah, penjualan obat yang diklaim mampu menyembuhkan COVID-19, sampai penggalangan dana yang mengatasnamakan organisasi atau komunitas tertentu. Untuk itu, kamu perlu bertindak extra teliti dan bijak dalam melakukan pengeluaran biaya selama pandemi.


So, sudah tau cara-cara bijak dalam mengelola keuangan di masa pandemi, kan? Yuk, mulai kelola keuanganmu dari sekarang!





11 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW