• StellarW

Jangan Mudah Baper Saat Dikritik! Ikuti Cara Ini Agar Kamu Bisa Berkembang

Updated: Jul 27, 2020


Setiap hari kita bisa belajar tentang hal baru, baik itu melalui pengalaman maupun pekerjaan yang kita jalani. Entah kita baru belajar tentang hal baru atau sudah familiar dengan tugas tertentu, kita tetap membutuhkan feedback dari orang lain untuk bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi di masa depan. Well, feedback pun dapat sekali-kali berupa kritikan dan nggak jarang menyakitkan buat kita, tapi bukan berarti kamu harus menolak mentah-mentah kritikan dari orang lain, lho! Kalau kamu ingin belajar mengambil hal-hal positif dari kritikan orang lain, coba ikuti sejumlah tips ini, yuk!


Sisihkan Waktu Untuk Mendengarkan

Make sure to keep your heart and mind open! Selagi menerima kritikan dari orang lain, cobalah untuk tidak langsung menelan semua kata-kata orang lain dan menyangkal kritikan mereka. Usahakan untuk mendengarkan mereka secara baik dan renungkan hal apa yang bisa kamu jadikan sebagai pembelajaran di masa yang akan datang. Cara ini juga baik untuk melatihmu sebagai good listener, lho!


Bersiaplah Menerima Kritikan Pedas

Ingatlah bahwa kamu hanya bisa mengontrol apa yang kamu pikirkan dan katakan, bukan apa yang dapat orang lain lakukan padamu. Karena itu, penting bagi kamu untuk selalu siap menerima kritikan bernada pedas dari orang lain. Nggak perlu selalu tampil kuat, kamu boleh sejenak menyisihkan waktu sendiri untuk merasakan emosi yang kamu alami. Tak boleh menyimpan emosi berlarut-larut atau merasa dendam, kamu harus siap untuk maju ke arah yang lebih baik setelah menerima kritikan pedas tersebut. Percayalah kalau kritikan pedas yang dilontarkan padamu tadi justru akan membuatmu semakin kuat dan berkembang.


Jadikan Kritik Sebagai Bekal Untuk Belajar dan Berkembang

Kritik dapat disebut membangun hanya jika kamu memandangnya sebagai sebuah kesempatan untuk belajar dan berkembang. Untuk itu, setiap kali menerima kritikan, jadikan hal tersebut sebagai bahan evaluasi terhadap pekerjaan atau tindakanmu. Kamu bahkan bisa bertanya tentang hal apa yang perlu kamu tingkatkan dari dirimu pada orang yang memberikan kritikan sebagai tanda bahwa kamu menghargai kritikan mereka. Kalau kamu ragu untuk mendiskusikan hal ini, kamu juga boleh menuliskan poin-poin penting dari kritikan yang kamu terima pada jurnal pribadimu.


Kalau kamu sudah memahami tips-tips dalam menerima kritikan di atas, kamu pastinya akan lebih bijak dalam menerima feedback dari orang lain. Jangan lupa untuk memberi reward pada dirimu karena sudah berani menerima kritikan dari orang lain, ya! You truly have a big heart!

12 views0 comments

Recent Posts

See All