Jadi Lebih Produktif dengan Membuat Ruang Kerja Kreatif Di Rumah!

Pandemi membuat kita harus tetap produktif bekerja dari rumah. Walaupun suasananya berbeda, tapi kamu bisa membuat area kerja yang ideal dirumahmu supaya tetap kreatif dan terasa seperti bekerja di kantor! Nggak perlu menyediakan satu ruangan khusus, kok. Dibawah ini ada cara-cara kreatif untuk membuat ruang kerja sendiri dirumah.


1. Mengetahui apa saja yang kamu butuhkan

Sebelum memilih area mana yang mau kamu jadikan kantor pribadi, kamu harus tau tipe pekerjaan seperti apa yang akan kamu lakukan. Apakah kamu menggambar, membuat spreadsheets, men-design, membuat panggilan-panggilan bisnis, atau lainnya?

Setelah menjawab pertanyaan ini, kamu bisa tau dimana area yang cocok dan mulai mendata apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa bekerja dengan efisien. Pilih area yang ideal untukmu bekerja. Kamu mungkin perlu tempat yang memberimu privasi, yang lebih dekat ke dapur untuk sekedar membuat minuman, di dekat jendela, atau dimanapun yang bisa membuatmu nyaman untuk bekerja.


2. Gunakan apa yang kamu punya

Jadilah lebih kreatif dengan benda-benda yang kamu punya di rumah. Kamu nggak harus punya ruangan khusus untuk diubah menjadi kantor. Sebagai contoh, kamu bisa merubah lemari menjadi sekat untuk memberimu mini-workspace. Kamu juga bisa men-DIY rak beroda untuk menyimpan laptop, catatan, dan perlengkapan kerja lainnya. Jadi ketika kamu selesai bekerja, kamu tinggal menutup “lemari produktifmu”-mu


3. Prioritaskan kenyamanan

Ubah area kerjamu dan tambahkan beberapa dekorasi supaya menjadi tempat yang nyaman dan kamu sukai. Jika kamu punya ruang kerja khusus, kamu bisa mengecat dinding ruangan dengan warna-warna cerah dan pastikan ruangan itu punya pencahayaan yang bagus. Kamu bisa meletakkan tanaman hias, speaker untuk mendengar lagu favoritmu, atau menggantung lukisan-lukisan.

4. Keep it organized

Kamu bisa banget menyimpan persediaan alat tulis, buku catatan, dan perlengkapan gadget di area kerjamu. Tapi jangan lupa untuk selalu merapikan meja kerjamu setelah selesai, ya! Kamu bisa menyediakan box-box kecil sesuai kategori stationery yang kamu punya, misalnya pen box berisi pensil, pulpen, dan spidol, tech box berisi peralatan elektronik dan kabel, dan lain-lain.


Dengan memiliki ruang kerja pribadi, kamu bisa berkonsentrasi dan bekerja dengan baik. Setelah baca artikel ini, semoga kamu jadi lebih kreatif dan produktif bekerja dirumah ya, Ladies!

16 views0 comments

Recent Posts

See All