• StellarW

Ini Cara Kamu Lindungi Orang-Orang Tersayang Saat Pandemi!

Updated: Oct 1, 2020


Pandemi COVID-19 yang kini masih terjadi memang memaksa kita untuk perlahan-lahan beradaptasi. Meski kini kita telah memasuki keadaan New Normal, nggak sedikit dari kita atau orang-orang terdekat kita yang masih menyimpan rasa cemas bahkan stress karena terus dibayangi rasa takut akan situasi sulit ini. Tak boleh khawatir berlarut-larut, karena kamu bisa mengatasi problem ini dengan cara membantu orang-orang terdekatmu menghilangkan rasa cemas yang mereka alami selama pandemi. Ikuti tips-nya di bawah ini, ya!


Tetap Terhubung Sekalipun Tinggal Berjauhan

Nggak bisa dipungkiri, pandemi memang terasa lebih sulit saat harus dilalui sendirian. Bagi kamu yang tinggal jauh dari keluarga, jangan khawatir, ya! Karena kamu tetap bisa menjaga orang-orang tersayang dengan tetap menjalin komunikasi dengan mereka.


Pastikan kamu menetapkan jadwal untuk menghubungi mereka melalui telepon atau video call sebagai cara untuk menghibur mereka. Hindari pula obrolan-obrolan yang bisa memicu stress ataupun rasa khawatir mereka. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas mengasyikkan, seperti makan malam bersama, bermain games, atau nonton bersama secara virtual.


Jalani Hobi Baru Bersama

Sejak awal pandemi, nggak sedikit dari kita yang mulai mengeksplor hobi baru, seperti memasak, berkebun, berolahraga, dan masih banyak lagi. Well, kenapa hobi tersebut nggak kamu jalani saja bersama dengan orang-orang tersayang selama tinggal di rumah? Entah itu dilakukan bersama pasangan, saudara, orang tua, atau anak menjalani hobi baru dapat menjadi salah satu cara untuk menghiburmu dan orang-orang terdekat saat aktivitas di luar rumah harus dibatasi saat pandemi.


Hindari Konsumsi Berita Terlalu Banyak

Ngaku deh, kecemasan selama pandemi paling mungkin terjadi saat kamu dan orang-orang terdekat membaca berita terkait COVID-19, kan? Update berita terkini seputar pandemi memang penting supaya kita bisa memahami kebijakan kesehatan yang penting untuk diikuti, tapi kalau terlalu sering mengonsumsi berita hingga sulit membedakan antara berita benar dan berita bohong, bisa-bisa kamu dan orang-orang terdekatmu malah stress, lho! Biar nggak melulu parno dengan berita soal pandemi, ajak keluargamu untuk mengonsumsi berita secukupnya saja, ya!


Ingatkan Mereka Kalau Situasi Ini Di Luar Kendali Kita

Kita semua pasti setuju kalau pandemi menyulitkan banyak pihak. Tapi, kondisi ini justru harus kita jadikan sebagai bahan untuk merenung. Yang bisa kita lakukan di saat-saat tak pasti semacam ini adalah fokus pada hal yang bisa kita kontrol, seperti pola pikir dan tindakan kita untuk menghibur diri sendiri. Pastikan kamu menjadi sosok yang bijak di antara orang-orang terdekatmu yang mampu menjadi pengingat akan hal ini. Pada akhirnya, masa-masa ini pasti bisa dilalui bersama-sama, kan?


Tetap jaga kesehatan fisik dan mentalmu serta orang-orang terkasihmu di masa pandemi, ya! Semoga keadaan ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita bersama untuk bisa melihat sisi baik dari setiap kesulitan.


  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW