• StellarW

Ini 3 Alasan Mengapa Kamu Selalu Merasa Sibuk

Updated: Oct 1, 2020


Kebanyakan dari kita pasti ingin memanfaatkan akhir pekan sebagai waktu terbaik untuk bersantai dan melupakan sejenak tentang pekerjaan yang menguras pikiran. Tapi ternyata nggak sedikit pula dari kita yang sulit lepas dari kesibukan sekalipun hari libur telah tiba. Jika dibiarkan, kebiasaan seperti ini tentu nggak baik untuk kesehatan fisik dan mental, lho! Memiliki kesibukan itu sah-sah aja kok, tapi bukan berarti setiap hari selalu bisa kamu lalui dengan produktif. Beberapa poin di bawah ini bisa jadi alasan yang membuatmu selalu memaksakan diri untuk tampil produktif.


Takut Untuk Berkata “Tidak”

Kamu mungkin sudah merasa kewalahan dengan pekerjaanmu yang menumpuk, tapi rekan kerjamu nggak habis-habisnya memberikan tugas baru padamu. Kalau situasi ini kamu biarkan, bisa-bisa kamu mengalami burnout. Hal yang bisa kamu lakukan adalah jujur tentang keadaanmu dan berkata “tidak” pada pekerjaan tambahan yang disiapkan untukmu.


Bagaimanapun juga, kamu butuh waktu untuk beristirahat dan menenangkan pikiran. Kalau kamu hanya memikirkan gengsi atau khawatir dianggap tak profesional, kamu justru akan semakin menyulitkan dirimu. Menolak pekerjaan pada atasan atau rekan kerja saat tugas sudah menumpuk merupakan hal yang sangat lumrah selama disampaikan secara sopan dan disertai alasan yang jelas, kok! So, jangan ragu untuk berkata “tidak”, ya!


Dihantui Rasa Bersalah

Pernah nggak sih kamu mengurungkan niatmu untuk pulang dari kantor lebih dulu saat melihat rekan kerjamu belum menyelesaikan pekerjaannya? Okay, memiliki rasa simpati itu hal yang baik, tapi jangan sampai hal ini malah menjadi alasan buatmu untuk kembali melanjutkan pekerjaan saat jam kantor sudah berakhir.


Kalau kebiasaan mengkhawatirkan orang lain dibandingkan diri sendiri sudah terlalu sering membuatmu overworked, sebaiknya kamu mulai mengedepankan kepentinganmu, deh! Ingat, arti produktif bagi kamu belum tentu sama di mata orang lain, jadi nggak perlu memaksakan diri untuk sama sibuknya dengan orang lain, ya!


Sering Membandingkan Diri Dengan Orang Lain

Kompetisi memang sangat wajar terjadi di dunia pekerjaan. Hal ini pun mungkin turut kamu rasakan antara kamu dengan sejumlah rekan kerjamu. Eitss, jangan sampai kompetisi yang kalian alami berujung pada rasa cemburu, ya! Karena keadaan ini bisa membuatmu mulai membandingkan pencapaianmu dengan orang lain.


Keadaan seperti ini tak hanya bisa membawa tekanan bagi dirimu, tapi juga menjadi ancaman bagi karirmu. Pada akhirnya yang kamu fokuskan hanyalah kesuksesanmu, bukan kepentingan timmu. Bila egomu sudah semakin membesar, kamu bisa menghalalkan segala cara untuk menjadi yang terdepan, termasuk berbuat curang. Duh, jangan sampai hal ini terjadi padamu, ya!


Well, mulai sekarang timbulkan produktivitas yang sehat buatmu dan orang-orang di sekitarmu, ya! It’s okay to be unproductive sometimes, karena kita pasti butuh waktu untuk beristirahat dan bersenang-senang!

10 views0 comments

Recent Posts

See All
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW