• StellarW

Ingin Wawancara Kerja Virtualmu Berjalan Lancar? Ikuti 3 Tips Ini!


Pandemi COVID-19 yang hingga kini masih berlangsung memang memaksa kita untuk beradaptasi dengan sejumlah perubahan, salah satunya dengan cara melibatkan kemajuan teknologi. Meski kini segala aktivitas terasa terbatas, pemanfaatan teknologi tanpa sadar mampu membantu kita tetap bisa tampil produktif, tak terkecuali dalam hal bekerja. Bagi kamu yang saat ini sedang mencari pekerjaan dan harus melalui langkah wawancara lewat video call tentu harus beradaptasi dengan kebiasaan baru ini. Supaya virtual job interview kamu berjalan lancar, ikuti beberapa tips di bawah ini, yuk!


Siapkan Peralatan yang Kamu Butuhkan

Kalau biasanya kamu akan bertatap muka secara langsung dengan calon bos atau rekan kerjamu, kini kamu harus terbiasa menemui mereka secara daring. Untuk mendukung hal tersebut, kamu harus menyiapkan kebutuhan yang dapat memperlancar proses wawancara daringmu, misalnya dengan menyiapkan kamera, microphone, software khusus video conference, lokasi dengan pencahayaan cukup serta minim suara, hingga koneksi internet yang memadai. Cek lagi komponen-komponen tersebut sebelum wawancara dimulai agar tidak terjadi kesalahan teknis saat video call telah berlangsung.


Kenakan Pakaian yang Sesuai Dengan Dress Code

Baik formal maupun smart casual, kamu perlu memperhatikan dress code yang ditentukan oleh pihak perusahaan saat ingin mewawancarai kamu. Selain membantu membentuk first impression yang baik, kamu juga akan merasa lebih siap dan percaya diri saat berhadapan dengan perekrut perusahaan. Hindari penggunaan makeup dengan warna terlalu mencolok dan berlebihan, ya!


Tunjukkan Bahasa Tubuh yang Profesional

Meskipun saat wawancara perekrut hanya bisa melihat sebagian dari tubuhmu, kamu tetap perlu menjaga attitude dan bahasa tubuhmu saat menjalani virtual job interview. Pastikan kamu duduk di kursi yang nyaman untuk mendukungmu tetap terlihat tegak dan aturlah jarak kamera yang menyorot bagian wajahmu agar tidak terlalu jauh ataupun dekat. Tampakkan juga senyum ramah serta eye contact yang menunjukkan perhatianmu pada perekrut selama proses wawancara virtual berlangsung.


Sekarang kamu sudah tau harus menyiapkan apa saja untuk menghadapi virtual job interview-mu, kan? Selamat mencoba dan semoga wawancaramu berjalan sukses, ya!


10 views0 comments
  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW