Hal-Hal yang Dikatakan Pemimpin Hebat Setiap Hari




Pemimpin adalah seseorang yang dapat melihat segala kesempatan dan hal-hal untuk selalu ditingkatkan. Selain memberi perintah, pemimpin juga mendorong rekan-rekannya untuk bergerak menuju visi yang lebih baik. Pemimpin bekerja untuk mewujudkan visi bersama sambil mengutamakan orang lain. Memotivasi saja nggak cukup! Yuk, simak hal-hal apa yang sering diucapkan oleh pemimpin hebat berikut ini.


This is the situation

Semua anggota tim kamu ingin dan perlu tahu apa yang sedang terjadi. Daripada membiarkan mereka menduga-duga, jadilah pemimpin yang memastikan semua orang tahu apa yang sedang terjadi. Bisa saja kamu justru menemukan jalan keluar dari staf-stafmu. Sounds crazy to let them in on everything? Pendiri Walmart Sam Walton sudah melakukannya selama beberapa dekade dengan baik.


Here’s what we’re doing

A leader is supposed to lead. Rekan-rekanmu akan menawarkan saran yang bagus, tetapi kamu pun harus mampu membuat keputusan yang tepat dan nggak lupa mendukung mereka. Kamu perlu memberi tahu tim kemana kamu akan membawa mereka dan bagaimana caranya. Selain itu kamu juga harus bisa mengatakan "tidak", terutama untuk gerakan yang tidak sesuai dengan rencanamu.


What do you need?”

Kalimat Ini penting karena dua alasan. Pertama, orang perlu tahu kalau kamu peduli pada mereka, baik secara pribadi dan profesional, dan kamu ingin mereka sukses. Kedua, kalau kamu telah menyusun rencana yang matang, kamu perlu memanfaatkan kemampuan setiap orang semaksimal mungkin.


Tell me more

Beri tahu orang-orang kalau kamu lebih tertarik untuk mencari jawaban dan ide baru daripada mendengar dirimu berbicara. Kamu bisa mengatakan secara implisit kalau mereka bebas menyampaikan pendapat atau kalau perlu undang mereka secara eksplisit. Berdiam diri dan menyimak saat rekanmu berbicara adalah bentuk ajakan bagi mereka untuk menawarkan ide dan wawasan.


Remember our values

Sebagai pemimpin, kamu bisa mengingatkan rekan-rekan kerjamu untuk membuat pilihan yang nantinya akan dibanggakan oleh anggota tim mereka yang lain. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan mereka tentang nilai-nilai bersama yang harus selalu dipegang teguh.



I trust you

Kalau kamu nggak percaya dengan rekan-rekanmu, well, they shouldn’t be a part of the team. Kamu perlu mempercayai integritas mereka, penilaian mereka, kepercayaan diri dan semangat mereka, dan kamu juga perlu memastikan bahwa mereka memahami betapa kamu bergantung dan percaya pada mereka.


You can count on me

Sisi lain dari poin terakhir itu benar. Kalau tim yang kamu pimpin nggak mempercayai kamu, mereka seharusnya tidak memberimu suatu kehormatan untuk memimpin mereka. So, beritahu mereka kalau kamu mendukung mereka, dan kemudian betul-betul bekerja keras untuk membuktikan kalau kamu memang bisa diandalkan.



We can do better

Salah satu hal yang krusial dalam leadership adalah mendorong tim ke standar yang mungkin lebih tinggi dari standar pribadi mereka. Itu alasan mengapa kamu perlu memberi selamat pada mereka ketika mereka berhasil melakukannya dengan baik namun tanpa memanjakan mereka ketika nggak memenuhi potensi. Hal ini juga berarti kamu harus berani mengakui kalau kamu gagal memenuhi standar itu juga.


Let’s celebrate!”

Jangan menciptakan budaya dimana penghargaan untuk pekerjaan hebat adalah pekerjaan yang lebih banyak lagi. Sebaliknya, jadikanlah keberhasilan ini sebagai kemenangan yang harus kamu dan tim-mu rayakan, baik besar ataupun kecil. Perayaan bisa berupa pesta atau bonus, bisa juga dengan memberi selamat secara khusus pada rekan kerjamu atas pencapaian mereka.



Setelah membaca artikel ini, coba yuk ucapkan hal-hal berikut ini kepada at least satu rekan kerjamu. You’ll be surprised to watch the results!

  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW