top of page
  • Writer's picturestellarw

Budget terbatas? Coba 5 Teknik Marketing ini!

Mengembangkan bisnis tanpa marketing itu hampir tidak mungkin, tapi tidak semua bentuk promosi yang kamu perlu lakukan harus berskala besar dan mengeluarkan uang banyak loh ladies! Bukan berarti juga bahwa kamu baru akan bisa mempromosikan produk atau servis yang kamu jual ke konsumen nanti setelah memang ada budget, sebaliknya pasarkan bisnis tanpa mengganggu flow keuangan dengan ide marketing dibawah ini:





  1. Bergabung dengan komunitas Pikirkan dari skala yang terkecil dulu, cari komunitas yang sekiranya mau melakukan kerjasama atau berminat dan share value yang sama dengan bisnismu. Seperti menggelar free webinar atau menggelar charity untuk suatu isu tertentu. Bangun hubungan dengan community influencers untuk memberikan exposure yang lebih besar.

  2. Kolaborasi dengan bisnis lain Bekerja sama dengan perusahaan lain yang industri nya masih mirip dengan bisnismu adalah salah satu cara terbaik untuk memperkenalkan produk mu kepada audiens baru dan bisa menargetkan mereka untuk menjadi pelanggan. Kolaborasi ini bisa berbentuk secara online maupun offline melalui acara eksklusif. Jika partner dengan bisnis lokal, kamu bisa memberi kartu nama, selebaran, atau brosur di area offline mereka.

  3. Giveaway! Jangan ragu untuk menawarkan free trial atau sampel gratis produkmu. Kalau mereka menyukai apa yang kamu tawarkan, mereka pasti akan membeli produkmu lagi, dan jika tidak, kamu bisa melakukan evaluasi dan meminta feedback apa yang perlu dikembangkan dari produkmu.

  4. Menyesuaikan produk supaya terasa “personal” Jika kamu sudah memiliki beberapa pelanggan tetap, luangkan waktu untuk menuliskan personalized thank you card untuk menunjukkan betapa kamu menghargai dukungan mereka. Niat baik mu dapat meningkatkan loyalitas mereka juga memungkinkan mereka sharing dengan orang lain bahwa merasa seperti customer VIP dan mendapatkan pelayanan yang baik.

  5. Memaksimalkan Media Sosial Download free social media marketing plan untuk meningkatkan engagement pada page media sosial bisnis mu, dan gunakan Linktr.ee jika followers Instagram mu belum mencapai 10.000 dan tidak ada fitur “Swipe Up”. Untuk membuat campaign dengan desain visual yang dapat diakses secara gratis kamu bisa menggunakan Canva dan Unsplash. Terakhir, untuk membuat headline konten yang lebih menarik, Coschedule Headline Analyzer dapat membantu untuk menulis judul blog atau artikel yang lebih kuat dan menarik. Manfaatkan Instagram dan Pinterest untuk publish foto seperti:

    • Behind the scene pembuatan produk bisnismu

    • Video pendek

    • Testimonial

    • Meminta pelanggan untuk post foto atau video dengan produk yang kamu jual


Selamat mencoba tips diatas ya, ladies!


66 views0 comments
bottom of page