top of page
  • Writer's picturestellarw

Boss vs Leader, Which one are you?

Updated: Oct 13, 2021

Kata “Boss” dan “Leader” mungkin memiliki definisi yang sangat mirip, namun dalam dunia bisnis, kedua hal ini sangat berbeda dan sangat penting untuk memahami arti dari keduanya.


Sebagian besar dari kita menganggap bos sebagai seseorang yang sering kali membuat tuntutan, menyalahkan kita ketika kita melakukan kesalahan, dan tidak mau dilibatkan untuk ikut bertanggung jawab. Sementara seorang pemimpin atau leader, adalah seseorang yang menginspirasi kita, melatih kita, mengumpulkan tim, dan membantu timnya untuk selalu maju.


So, which are you—a boss or a leader? Yuk kita cari jawabannya dari penjelasan berikut ini:



1. Benar-benar memimpin. Ketika seorang bos lebih suka mengatur, mengontrol dan mendikte. Seorang pemimpin justru ada di sana ketika ada perselisihan dengan anggota tim lainnya, atau ketika ada masalah, membantu untuk mencari solusi, membimbing semua orang ke arah yang benar.


2. Leaders Empower Seorang bos mungkin memasukkan karyawannya ke dalam proyek tanpa banyak pelatihan atau bimbingan, membuat mereka takut dan merasa tidak aman. Dimana seorang pemimpin sejati akan melakukan segalanya untuk mempersiapkan anggota timnya, dan menanamkan kepercayaan diri pada kemampuan mereka sendiri dan pada kemampuan tim. Pemimpin sejati percaya pada kekuatan positive thinking!



3. Bosses Intimidate Seorang bos lebih sering mengintimidasi karyawan atau timnya, dan menggunakan cara ini untuk mengelola karyawannya. Dimana, seorang pemimpin sejati lebih mendengarkan dan menghargai karyawan, mendorong dan bekerja bersama-sama agar bisa sukses bersama-sama.


4. Seorang bos selalu merasa lebih hebat Seorang bos selalu merasa dirinya yang paling benar, dan masukan dari orang lain adalah hal yang tidak perlu didengar. Dimana seorang pemimpin bisa lebih terbuka untuk feedback atau kritik yang membangun dari anggota tim, dan mengetahui bahwa selalu ada lebih banyak hal yang bisa dipelajari bahkan dari karyawan dan tim sekalipun.


Setelah membaca poin-poin diatas, Apakah kamu bisa menentukan siapa kamu sebenarnya? Apakah kamu seorang bos atau pemimpin? Yuk share pendapatmu di kolom komentar!


42 views0 comments

Comments


bottom of page