Apa Pentingnya Mendaftarkan Merek bagi Bisnismu?



Teknologi dan informasi yang semakin maju menyediakan berbagai inspirasi dan ide kreatif. Hal ini bisa kita manfaatkan sebagai modal dalam memulai sebuah bisnis. Kadang kita hanya membuat produk atau layanan dengan pola pikir yang-penting-bisa-dijual-dan-untung. Padahal bisa jadi ini sangat rentan terhadap banyak risiko bisnis, misalnya plagiarisme. Kamu nggak mau kan idemu dicontek orang lain?

Solusinya adalah dengan memberikan dan mendaftarkan merek produk usahamu. Merek dagang punya peran penting banget untuk marketing sebagai tanda kalau produkmu original. Yuk, simak berbagai keuntungan yang bisa didapatkan kalau produkmu sudah terdaftar mereknya!


Kredibilitas Meningkat

Merek menjadi identitas dari produk yang kamu miliki, jadinya nggak bisa ditiru oleh pihak lain. Kamu mendapatkan hak penuh atas produk yang terdaftar dalam merek dan ini menjadi ciri khasmu. Konsumen akan lebih mudah mengingat dan mengenali produkmu. Meskipun nantinya ada produk sejenis dari perusahaan lain, merekmu menjadi pembeda dan jaminan atas mutu barang atau jasa yang kamu tawarkan.


Perlindungan Hukum

Kalau merekmu sudah terdaftar lalu ada pihak lain yang mencoba meniru atau membuat kegiatan yang mengatasnamakan merekmu, pihak tersebut bisa kamu gugat lewat pengadilan. Prinsip pendaftaran merek adalah first to file, yaitu siapa yang mendaftarkan merek pertama kali, maka dialah pemegang merek, sepanjang belum bisa dibuktikan sebaliknya dalam tenggat waktu tertentu. Don’t worry! Kamu akan mendapatkan perlindungan hukum atas merek yang kamu kembangkan.

Peluang Bisnis dan Promosi

Salah satu strategi agar bisnismu cepat berkembang adalah melakukan kerja sama. Masalahnya, nggak semua pihak mau bekerja sama kalau produkmu nggak punya legalitas; salah satunya merek. Kalau merek produkmu udah terdaftar, kamu bisa mendapatkan peluang waralaba, franchise, ekspor, dan lainnya. Dalam mempromosikan atau mengiklankan produk atau jasa yang kamu jual jadi lebih gampang karena kamu hanya perlu menyebutkan mereknya saja.


Pemegang Hak Eksklusif atas Merek

Merek akan jadi hak eksklusif bagi pemiliknya untuk tujuan komersial dan berhak melarang pihak lain untuk menggunakan merek tersebut untuk kelas dan jenis barang atau jasa yang sama. Kamu juga bisa meminta royalti kepada orang yang menggunakan merekmu. Kalau ada pihak yang membajak merekmu, kamu berhak untuk mengajukan gugatan ganti rugi ke Pengadilan Niaga dan menghentikan semua perbuatan yang berkaitan dengan penggunaan merekmu.


Menambah Nilai Aset Perusahaan

Merek dapat digunakan untuk branding perusahaan. Branding perusahaan juga akan mengundang investor untuk datang menanamkan modal. Lalu, merek menjadi berharga jika sudah resmi terdaftar di DJKI. Sayang banget kan kalau merekmu bisa digunakan oleh semua pihak jadinya produk atau layananmu nggak punya nilai jual sama sekali.


Lalu gimana kalau ada pihak lain yang punya produk mirip dengan punyamu? Tenang! Selama kamu yakin produk yang kamu tawarkan punya nilai atau ciri khas, kamu ngga perlu takut. Mendaftarkan merek adalah langkah preventif dalam berbisnis. Kontrak Hukum bisa membantu untuk mengecek dan mendaftarkan merek untuk kepentingan bisnismu. Tunggu apa lagi? Yuk, daftarkan merek produk usahamu bersama Kontrak Hukum!

94 views0 comments

Recent Posts

See All