5 Tips Mencari Pekerjaan untuk Fresh Graduates!

Menemukan pekerjaan pertama kamu setelah lulus kuliah bisa sangat melelahkan dan menegangkan. Tapi jangan panik, ladies! Mencari pekerjaan bagi seorang Fresh Graduates memang bukan hal yang mudah. Tapi, dengan memiliki persiapan dan pengetahuan yang cukup, pasti akan mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan dengan cepat!





Berikut adalah 5 tips yang bisa membantu kamu sebelum mulai mencari kerja:


1. Kenali dirimu sendiri

Sebelum kamu benar-benar mulai mencari pekerjaan, mengerjakan resume, atau mengirimkan surat lamaran, tanyakan pada dirimu sendiri apa yang benar-benar kamu inginkan dalam hidupmu? Justru, pertanyaan pertama yang harus ditanyakan kepada dirimu adalah, “Kenapa aku ingin bekerja?” Setiap orang pasti punya jawaban yang berbeda-beda, dan jawabanmu akan membangun motivasi kamu dalam mencari kerja.


Selanjutnya, pahami apa yang penting bagi kamu. Ini adalah langkah penting saat kamu mempertimbangkan pilihan karirmu, lho! Contohnya, apakah bekerja di dekat keluarga adalah hal yang penting? Maka mungkin opsi terbaik untukmu adalah bekerja di dalam negeri. Lalu, apakah kamu senang dengan pekerjaan yang mengasah kreativitas? Maka mungkin pekerjaan di Layanan Pelanggan bukan pekerjaan yang cocok untuk kamu. Hal-hal seperti ini hanya bisa diketahui ketika kamu benar-benar mengenal siapa dirimu sebenarnya.


Mulai pelajari dan berfikir tentang apa yang kamu sukai, dan nilai-nilai hidup yang kamu terapkan adalah bagian dari dirimu, dan cobalah fokus pada pekerjaan yang sejalan dengan nilai-nilai tersebut. Jika kamu sudah tau apa yang kamu inginkan, keputusan tentang jalur karier dan masa depan kamu akan lebih mudah kok!


2. Kuasai Soft Skill

Kebanyakan perusahaan dan recruiter sangat mementingkan soft skills yang dimiliki pelamar, bahkan terkadang lebih penting daripada keahlian teknis atau bahkan pengalaman kerja. Soft Skill seperti komunikasi, teamwork, dan positive attitude, sudah menjadi indikator bagi recruiter untuk menilai dirimu apakah akan cocok dengan pekerjaan dan budaya perusahaan mereka atau tidak. Pastikan kamu terus mengembangkan soft skill mu sejak dini, dengan begitu, kamu bisa punya kesempatan untuk mendahului lulusan lain yang tidak punya skill tersebut. Mengembangkan soft skill bisa kita mulai dari ikut aktivitas volunteer, ikuti acara organisasi, menjadi pemimpin saat tugas kelompok, dan lain-lain. Banyak bersosialisasi dan memperluas koneksi juga bisa meningkatkan Soft Skill, lho!


3. Berpikirlah seperti seorang pengusaha

Jaman sekarang, inovasi sangat dijunjung tinggi bagi banyak perusahaan. Jadi lulusan baru yang memiliki latar belakang kewirausahaan atau dapat berpikir seperti seorang entrepreneur akan menjadi nilai plus lho! Kamu tidak harus memiliki bisnis, tapi setidaknya tunjukkan kalau kamu bisa think outside the box dan memberikan inovasi baru kepada perusahaan. Seseorang yang bisa berfikir seperti seorang entrepreneur bisa menangani banyak tanggung jawab pada saat yang sama, pintar dalam melihat peluang, dan memiliki keahlian untuk memecahkan masalah.





4. Riset pekerjaan yang kamu inginkan

Saat mencari pekerjaan baru, lakukan penelitian perusahaan, industri dan tuntutan pekerjaan terlebih dahulu. Ini akan memberikanmu gambaran dan penilaian yang lebih realistis terhadap ekspektasi kamu. Misalnya, pekerjaan Marketing kan tidak hanya tentang berfikir kreatif dan handal berkomunikasi. Tapi, ada juga pekerjaan analisis dan interpretasi data, sehingga keahlian matematika kamu juga harus diperhatikan.


Mulailah buka Internet dan cari detail tentang persyaratan pekerjaan untuk posisi yang kamu mau. Kalau kamu sudah mengetahui persyaratan minimum, langkah selanjutnya adalah melihat apakah pencapaian kamu sejalan dengan lowongan pekerjaan tersebut. Dengan melakukan riset, kamu akan memiliki pemahaman yang lebih kuat tentang pekerjaan yang kamu cari, dan mulai mencari pekerjaan yang sesuai dengan ekspektasimu.


5. Networking!

Salah satu strategi terbaik saat mencari pekerjaan baru adalah Networking! Ketika kamu memulai kerja, mulailah dengan koneksi yang kamu miliki dan perluas pencarian tersebut.

Pikirkan baik-baik teman dan keluarga yang kamu kenal dan peluang apa yang mungkin bisa didapatkan. Koneksi bisa datang dari mana saja, kamu bisa tanya temanmu, senior, dosen, dan keluargamu. Tidak ada yang tahu, mungkin mereka bisa memberikan reference ke perusahaan yang kamu tuju. Maka dari itu penting banget untuk memperluas koneksi ketika masih sekolah dan kuliah ya, ladies!





Inilah beberapa tips mudah yang bisa membantu kamu ketika sedang mencari pekerjaan. Tidak sesulit yang kamu bayangkan, bukan? Hal yang paling penting ketika mencari pekerjaan adalah sikap pantang menyerah! Jalannya memang tidak mudah kok, tapi kamu juga tidak sendirian, bahkan ratusan sampai ribuan orang juga mengalami hal yang sama. Tapi, kalau kamu berusaha terus dan tidak menyerah pasti akhirnya mendapatkan pekerjaan yang kamu mau. Good Luck, ladies!


  • Facebook
  • Instagram

© 2020 by StellarW