top of page
  • Writer's picturestellarw

5 Cara Menjadi Pribadi yang Resilien

Updated: Oct 13, 2021

Hidup ini tidak hanya diisi dengan momen-momen yang menyenangkan. Kita pasti akan mengalami masalah dan rintangan dalam hidup, dan semakin kita dewasa, masalah-masalah yang akan kita alami akan menjadi lebih besar. Maka dari itu, dibutuhkan sifat resiliensi untuk menghadapi berbagai masalah kehidupan. Tahukah kamu, kalau resiliensi tidak hanya merujuk pada cara kamu mengatur stres dan tekanan? Resiliensi juga mengukur seberapa baik kamu bisa bangkit kembali dari permasalahan yang kamu hadapi. Namun, bagaimana caranya agar bisa meningkatkan resiliensi kita? Yuk simak 5 cara berikut!


  1. Find your Purpose in Life Hal pertama dan hal paling penting yang harus kamu miliki agar menjadi pribadi yang resilien adalah memiliki tujuan hidup. Ketika kamu merasa lelah dan ingin menyerah, kamu tidak akan mudah merasa putus asa dan menyerah begitu saja, karena kamu memiliki tujuan hidup dan mimpi yang ingin kamu raih.

  2. Percaya diri dan Pahami Self-worth Banyak studi yang menunjukkan bahwa self-esteem dan kepercayaan diri berperan sangat penting dalam kemampuan untuk menghadapi stres dan kembali bangkit dari situasi sulit. Percaya diri dan optimis bahwa apapun yang sedang kamu hadapi akan ada jalan keluarnya dan bisa kamu hadapi dengan baik.

  3. Bangun Support System Memiliki support system yang kuat akan memudahkan kamu dalam menghadapi rintangan dan masalah. Dengan adanya orang-orang yang penduli dan suportif, kamu kan mendapatkan semangat dan support untuk terus maju dan tidak mudah menyerah.

  4. Bisa Menerima Perubahan Seseorang yang resilien harus bisa beradaptasi dengan baik. Kamu akan lebih mudah menghadapi suatu masalah apabila kamu bisa menerima dan merespon segala perubahan dengan baik. Menghadapi perubahan memang tidak mudah, namun momen-momen seperti ini justru yang bisa diambil sebagai kesempatan agar bisa mengembangkan diri.

  5. Belajar Mencari Solusi Jika kamu aktif mencari solusi, kamu akan terlatih untuk mencari solusi dengan cepat ketika dihadapkan dengan permasalahan. Ketika dihadapi dengan suatu masalah, fokus pada masalah tersebut dan berfikirlah secara kritis dan cari solusi untuk bisa menyelesaikan permasalahan itu dengan baik.


Jadi, bagaimana Stellars? Menjadi pribadi yang resilien membutuhkan latiha. Jika kita sering dihadapkan dengan berbagai masalah, kita akan menjadi pribadi yang lebih resilien. Jadi, jangan berkecil hati jika nampaknya kamu merasa mengalami banyak masalah, tapi lihat itu sebagai suatu rintangan yang harus kamu hadapi. Hasilnya pun kamu akan menjadi pribadi yang cerdas, tangkas, dan resilien.



333 views0 comments

Comments


bottom of page